top of page

Tempe Bisa Jadi Steak? Bukankah Steak Terbuat dari Daging??

Hai, Foodies…. Kabar baik untuk para steak lovers. Kali ini tim FOODNET akan membahas tentang hidangan yang sangat populer di dunia yaitu steak. Eitss… buat Foodies yang vegetarian maupun vegan, ini kesempatan kalian untuk bisa mengenal steak. Steak tempe bisa menjadi alternatif buat kalian nih. Yuk, kita kenali dulu tentang steak.

Gambar 1. Beef steak Sumber: Country Living (2020)

Steak sudah dikenal di Indonesia sejak masa penjajahan. Hal ini terlihat dari munculnya masakan “biefstuk” yang disesuaikan dalam bahasa Indonesia menjadi “bistik”. Biefstuk merupakan masakan Belanda berupa daging dan sayuran yang disiram dengan kuah steak. Dulu, steak hanya terbuat dari potongan daging sapi, namun seiring perkembangan zaman steak dapat dibuat dari daging ayam, ikan, bahkan juga tempe. Menurut BBC Good Food, steak pada dasarnya merupakan irisan daging merah tebal atau tipis tanpa tulang, dipotong melintasi serabut otot dan dapat dimasak dengan cepat di atas api besar. Potongan irisan dari otot termasuk jaringan ikat yang kuat dan dapat menjadi empuk dengan durasi memasak yang lama. Proses pemasakan akan mengeluarkan cairan yang biasa disebut steak

juice. Steak juice dapat menambah cita rasa juiciness yang penting dalam suatu hidangan steak.


Nah… tiba saatnya bagi Foodies untuk mengenal steak yang terbuat dari bahan pangan nabati ini. Sebagai orang Indonesia, kita pasti sudah sering mendengar tentang tempe. Siapa sangka, makanan yang dikenal sederhana dan biasa-biasa saja, ternyata dapat diolah menjadi makanan yang tampak high-class dan menarik sehingga bisa menambah nafsu makan siapa saja yang melihatnya.Tempe merupakan bahan pangan sumber protein yang kaya akan asam amino esensial dan sering dianggap sebagai bahan pangan pengganti daging atau unggas. Tempe dihasilkan melalui proses fermentasi kedelai rebus dalam waktu tertentu menggunakan kapang Rhizopus sp. Pada proses pertumbuhannya, kapang tersebut menghasilkan beberapa enzim yang mampu menghidrolisis senyawa-senyawa kompleks menjadi senyawa yang lebih sederhana, sehingga lebih mudah dicerna dan diserap tubuh. Cara membuat steak tempe pun tergolong mudah yang diawali dengan pengukusan tempe selama 10-15 menit, setelah itu penghalusan tempe yang telah dikukus dan pencampuran dengan berbagai bahan tambahan hingga menjadi adonan yang bercita rasa. Selanjutnya, adonan dibentuk menyerupai potongan daging dan dilanjutkan dengan proses pemasakan melalui metode pan frying. Setelah pembuatan steak, proses selanjutnya adalah pembuatan saus untuk melengkapi sajian steak tempe.

Gambar 2. Steak tempe Sumber: Doyan Resep (2020)
Gambar 2. Steak Tempe Sumber: Doyan Resep (2020)

Sekarang Foodies jadi lebih paham bukan mengenai steak dan salah satu inovasinya yaitu steak tempe. Gimana menurut Foodies? Lebih memilih steak atau steak tempe nih? Thanks to inovasi steak tempe ini, para vegetarian dan vegan akhirnya bisa menikmati kelezatan steak. Apabila Foodies tertarik untuk membuat steak tempe ini, kalian bisa langsung cek resep dan cara pengolahannya di artikel FOODNET lainnya di edisi ini.





Daftar Pustaka:

BBC Good Food. 2020. Steak. https://www.bbcgoodfood.com/glossary/steak-glossary (5 Desember 2020).


Country Living. 2020. 15 Different Types of Steak to Make for Dinner Tonight. https://www.countryliving.com/food-drinks/g30913158/steak-cuts-types/ (5 Desember 2020).


Doyan Resep. 2020. 2 Resep Steak Tempe Crispy Spesial Saus Nikmat. https://doyanresep.com/resep-steak-tempe/ (5 Desember 2020).


Mursyid, M. Astawan, D. Muchtadi, T. Wresdiyati, S. Widowati, S. H. Bintari, dan M. Suwarno. 2014. Evaluasi Nilai Gizi Protein Tepung Tempe yang Terbuat dari Varietas Kedelai Impor dan Lokal, PANGAN 23 (1): 33-42.


Yuyun, A. 2008. Variasi Steak. Jakarta: Agromedia.

133 views0 comments

Recent Posts

See All

Glosarium Steak vs Steak Tempe

Daging marmer : Daging merah yang mengandung lemak intraotot dalam jumlah tertentu sehingga menghasilkan pola yang tampak seperti marmer. Fermentasi : Proses perubahan karbohidrat menjadi alkohol da

bottom of page