top of page

National Food Technology 2024: Langkah Awal Lahirnya Inovasi Superfood Praktis dan Bernutrisi



Sabtu, 16 Maret 2023 - Hari tepat di mana National Food Technology Competition 2024 (NFTC 2024) yang dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Katolik Widya Mandala  (BEM FTP UKWMS) berlangsung dengan penuh antusias dan semangat. NFTC merupakan acara seminar dan kompetisi nasional tahunan FTP UKWMS yang terdiri dari seminar nasional, kompetisi esai ilmiah, poster ilmiah, dan presentasi ilmiah. Sesuai namanya, kompetisi ini dapat diikuti oleh mahasiswa/i teknologi pangan/sejenis yang berasal dari seluruh universitas di Indonesia secara berkelompok. NFTC 2024 menggandeng PT. Kapal Api sebagai salah satu sponsor utama dan mengangkat tema “Inovasi Superfood Praktis Guna Memenuhi Kebutuhan Nutrisi”. Acara ini dimulai dengan sesi seminar oleh kedua narasumber hebat, yaitu Prof. Dr. -Ing. Azis Boing Sitanggang, S.TP, M.Sc (Akademisi dari Institut Pertanian Bogor) dan Alvin Yonathan Budiman, S.TP. (praktisi dari PT. Lautan Natural Krimerindo) sesi seminar dipandu dengan apik oleh moderator, Clarence Lingga (FTP’22). Kedua narasumber memberikan informasi baru, yang membuka cakrawala peserta seminar mengenai pentingnya superfood bagi kesehatan dan produknya yang saat ini banyak beredar di masyarakat. Antusiasme peserta terlihat dalam sesi tanya jawab bersama narasumber sehingga suasana seminar menjadi sangat interaktif dan menambah wawasan yang lebih luas mengenai bidang pangan, khususnya superfood.



    Setelah menyimak materi yang sangat inovatif, peserta seminar menikmati penampilan dance dari mahasiswi FTP UKWMS dalam sesi istirahat dan akhirnya tibalah waktu yang telah ditunggu-tunggu oleh finalis untuk mempresentasikan penelitian ilmiah yang telah mereka siapkan. Judul-judul yang menarik mengenai inovasi superfood yang praktis dipresentasikan  oleh para finalis dan membawa mereka pada kejuaraan, dimana GutBoost: Non-Dairy Smoothies Sinbiotik Instan Berbasis Probiotik Lokal sebagai Penunjang Kesehatan Saluran Cerna yang dibawakan oleh Tim 27 dari FTP Universitas Gadjah Mada menempati juara 1 selanjutnya Pemanfaatan Kacang Koro Pedang Terfermentasi Dalam Inovasi Minuman Serbuk Instan “Mikoshi” Sebagai Superfood Praktis Bernutrisi Untuk Mendukung Indonesia Emas 2045 yang dibawakan oleh Tim 12 dari FTP UKWMS menempati juara 2, serta Gummy Jelly Soreli (Sorgum, Kedelai, dan Jeruk Bali) menempati juara 3. Dalam kompetisi ini, terdapat 3 juri yang menilai karya tim peserta, yaitu Dr. Anita Maya Sutedja, S. TP., M. Si., Ph.D., Prof. Dr. -Ing. Azis Boing Sitanggang, S.TP, M.Sc. dan Alvin Yonathan Budiman, S.TP. Sesi presentasi menjadi hal utama yang menjadi daya tarik, di mana para juri dan peserta seminar menyimak paparan finalis mengenai kebaruan hasil penelitian dan peluang inovasi yang dapat dilakukan untuk menghasilkan superfood praktis, sehingga dapat menjadi sarana untuk memperluas pengetahuan mengenai inovasi superfood. 



Secara keseluruhan, acara National Food Technology 2024 berhasil mencapai tujuan utamanya yaitu menjadi wadah edukasi sekaligus membuka kesempatan bagi para mahasiswa-mahasiswi di Indonesia untuk menuangkan ide-ide inovatif dalam bentuk kompetisi ilmiah. Melalui NFTC 2024 diharapkan muncul produk-produk superfood karya anak muda Indonesia. Sampai jumpa di NFTC 2025!! (IJS).




Tags:

40 views0 comments

Comments


bottom of page