top of page

Spiku? Rainbow Cake? Apa Bedanya?

Hai Foodies, kalian penyuka kue atau kuliner manis? Pastinya familiar bukan dengan kue spiku dan rainbow cake. Dua kue dengan tekstur yang lembut ini memiliki beberapa persamaan dan perbedaan lho, Foodies. Supaya kamu tau apa saja perbedaan dan persamaan dari kedua kue lezat ini, yuk kita lihat melalui bahan, cara pembuatannya secara singkat, dan penyimpanan kedua makanan manis ini.

Gambar 1. Kue spiku

Sumber: Langsungenak (2019)


Spiku atau biasa disebut sebagai kue lapis merupakan salah satu kue basah tradisional yang memiliki bentuk seperti bolu. Spiku atau kue lapis ini sangat terkenal di Surabaya. Kue spiku pada umumnya terdiri dari dua atau tiga jenis lapis warna yang berbeda. Kue ini umumnya berwarna kuning dan coklat. Cara membuat kue ini sangat mudah dan bahan yang dibutuhkan juga tidak sulit untuk ditemukan. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah telur, mentega, terigu, susu bubuk, gula halus, dan ovalet.

Proses pembuatan dari kue spiku ini tidak sulit untuk dipraktikkan juga, berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama, pengocokan telur dan gula halus menggunakan whisker atau jika ingin lebih cepat dapat menggunakan mixer dengan kecepatan sedang yang bertujuan untuk memasukkan udara ke dalam telur agar adonan mengembang dengan sempurna.

  • Langkah kedua, setelah adonan mengembang dan halus, kecepatan mixer diturunkan agar dapat menghancurkan bola-bola udara yang besar di dalam putih telur. Adonan tetap diaduk sembari susu bubuk dan terigu dimasukkan ke dalam adonan sebelumnya.

  • Langkah ketiga, pengadukan adonan tersebut dan masukkan mentega cair. Lakukan cara yang sama untuk adonan yang berwarna coklat

  • Langkah keempat, adonan yang telah dibuat dimasukkan ke dalam loyang dan dipanggang.

Bagaimana? Mudah bukan? Alat-alat yang digunakan juga mudah ditemukan dan tidak susah untuk dipraktikkan di rumah.

Gambar 2. Rainbow cake

Sumber: Kurniawan (2020)


Rainbow cake atau kue pelangi merupakan makanan manis yang memiliki warna unik sehingga dapat menggugah selera siapa saja yang sedang melihatnya khususnya anak-anak. Cara membuat rainbow cake ini juga tidak sesulit yang dibayangkan. Bahan yang digunakan juga mudah dijumpai seperti bahan yang digunakan pada kue spiku. Cukup dengan terigu protein sedang, tepung maizena, susu bubuk, vanila bubuk, mentega, santan instan, gula halus, SP, telur, dan pewarna. Cara pembuatannya juga hampir sama dengan pembuatan kue spiku. Telur, SP (cake emulsifier), dan gula dikocok hingga kental berjejak atau ketika diangkat adonan akan menetes pelan (tidak mengalir), jika sudah turunkan kecepatan mixer dan masukkan terigu, maizena, susu bubuk, dan bahan halus lainnya. Campur dengan kecepatan sedang sembari memasukkan mentega cair dan santan instan ke dalam adonan.

Adonan yang sudah tercampur dimasukkan ke dalam beberapa wadah yang berbeda untuk mencampurkan pewarna yang akan digunakan. Setelah mencampurkan adonan-adonan tersebut dengan berbagai macam pewarna, masukkan adonan ke dalam loyang dan panggang dalam oven lalu didinginkan terlebih dahulu, kemudian kue disusun sesuai dengan warna pelangi. Rainbow cake juga dapat dihias dengan menggunakan whipped cream dan taburan sugar sprinkle di atasnya.

Cara menyimpan kedua kue ini juga mudah, yaitu dengan cara dimasukkan ke dalam wadah atau plastic wrap lalu kue spiku diletakkan ke dalam lemari pendingin atau refrigerator. Pastikan plastic wrap menempel langsung pada bagian kue, agar kelembapan kue tidak menghilang. Kedua kue ini dapat bertahan tiga sampai empat hari pada suhu kamar (20-40°C) dan akan bertahan selama 6 hari pada lemari pendingin. Fungsi dari memasukkan makanan ini ke dalam wadah kedap udara adalah agar tidak kontak dengan oksigen dan terkontaminasi bakteri yang membuat kedua kue ini mengalami pembusukan. Karena walaupun dilakukan pendinginan, pertumbuhan bakteri akan berlangsung sesuai dengan lama waktu penyimpanan.

Sekarang Foodies sudah tahu kan cara membuat dan menyimpan kedua makanan manis yang menggugah selera ini? Perbedaan dari kedua makanan ini juga membuatnya semakin menarik pastinya. Kalian pilih yang mana nih, Foodies? Kue spiku atau rainbow cake?


Daftar Pustaka

Fridayani, N. Cara Simpan Kue agar Tahan Lama, Tak Semua Butuh Masuk Kulkas. https://www.kompas.com/food/read/2020/07/25/212200675/cara-simpan-kue-agar-tahan-lama-tak-semua-butuh-masuk-kulkas?page=all#page2 (29 Mei 2021).


Kurniawan, A. 2020. Cara Membuat Rainbow Cake yang Enak dan Lembut, Mudah Dipraktikkan. https://www.merdeka.com/jabar/cara-membuat-rainbow-cake-yang-enak-dan-lembut-mudah-dipraktikkan-kln.html?page=2 (29 Mei 2021).


Pato, U., V.S. Johan dan Arnizam. 2014. Evaluasi Mutu dan Penerimaan Panelis terhadap Rainbow Cake yang Dibuat dari Tepung Terigu dan Pati Sagu Lokal, Jurnal Teknologi dan Industri Pertanian Indonesia 6(3): 65-75.


Zain, C. 2019. Pengaruh Subtitusi Tepung Tiwul Tawar Instan dan Jenis Shortening terhadap Sifat Organoleptik Kue Lapis Surabaya, Jurnal Tata Boga 8(1): 165-176.

88 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page