top of page

Sibuk Mikirin Hidup yang Gitu-gitu Aja? Yuk Bumbui dengan Menikmati Kedua Jajanan Manis Ini!

Annyeong, Foodies! Gimana nih sibuknya di keseharian yang serba online? Di tengah-tengah kesibukan, pasti ada hasrat untuk ngemil banyak khususnya di weekend. Kali ini Tim FOODNET akan membagikan resep camilan yang manis-manis nih. Kedua jajanan ini dijamin cocok banget untuk menemani Foodies kapan pun dan di mana pun. Yuk, langsung saja cek resep membuat hotteok ala Korea dan pancake yang simpel.

Resep hotteok (korean sweet pancakes) ala Korea ini dibuat untuk 6 porsi sajian. Jadi, bakalan seru nih untuk dinikmati bersama orang terdekat.

Gambar 1. Hotteok

Sumber: Oke Lifestyle (2015)


Bahan:

· 157 g tepung terigu all-purpose

· ½ sdt garam

· 1 sdt gula

· 1 sdt ragi instan

· 125 ml susu hangat

· Sedikit minyak goreng


Filling:

· 50 g dark brown sugar

· ¼ sdt bubuk kayu manis

· 2 sdm hancuran kacang (jenis kacang sesuai selera seperti almond, walnuts, biji matahari, dll)


Cara membuat:

1. Ayak tepung ke dalam mangkuk besar lalu tambahkan garam, gula, ragi, dan susu. Aduk rata menjadi adonan dan tutup mangkuk dengan plastic wrap. Fermentasi pada suhu ruangan sampai adonan mengembang menjadi dua kali lipat.

2. Setelah adonan mengembang, keluarkan gas dengan memukul adonan dengan tangan beberapa kali. Tutup kembali dengan plastic wrap dan istirahatkan selama 20 menit.

3. Saat adonan sudah siap, tuang sedikit minyak goreng di telapak tangan agar adonan tidak lengket dan pisahkan adonan untuk membuat 6 hotteok berukuran sedang.

4. Letakkan salah satu potongan adonan dan ratakan dengan tangan sehingga bisa menambahkan sekitar 1 sdm ukuran isian ke atasnya. Setelah selesai, tutup adonan dengan mengumpulkan bagian sudutnya. Ulangi untuk sisa adonan.

5. Panaskan teflon dengan api sedang dan setelah dipanaskan olesi lapisan tipis minyak goreng.

6. Masukkan adonan (1 atau lebih tergantung ukuran panci. Jika lebih, biarkan cukup ruang untuk mengembang di antara adonan saat ditekan) ke dalam teflon dan masak dengan api sedang sampai sisi bawah berwarna cokelat keemasan (± 30 detik). Balik dan tekan adonan dengan solid turner atau mesin press hotteok profesional. Masak sampai bagian bawah berwarna cokelat keemasan (±1 menit). Balik pancake untuk terakhir kalinya, lalu kecilkan api. Tutup teflon dengan penutup dan masak sampai isi gula meleleh sepenuhnya (±1 menit).

7. Pindahkan hotteok ke piring dan ulangi tahap 6 untuk sisa dari adonan.

8. Hotteok siap disajikan.


Buat Foodies yang kehabisan stok telur di rumah atau kos, tapi mager buat beli, Tenang…. Kami punya solusinya. Resep yang kami persembahkan ini merupakan Egg-Free Pancake yang nggak kalah lezat dari pancake biasa.


Gambar 2. Egg-Free Pancake

Sumber: The Worktop (2020)


Bahan:

· 128 g tepung terigu all-purpose

· 1 sdt baking powder

· 1 sdm gula halus

· Sejumput garam

· 250 ml susu dingin

· 2 sdm mentega leleh, dilebihkan sedikit untuk greasing

· ½ sdt ekstrak vanila


Cara membuat:

1. Ayak tepung terigu, baking powder, gula halus, dan garam dalam mangkuk besar.

2. Masukkan sedikit demi sedikit susu, mentega, dan vanila, lalu aduk sampai adonan kental dan lembut.

3. Tutupi adonan dengan plastic wrap dan diamkan di refrigerator selama 30 menit.

4. Panaskan teflon di atas api sedang dan olesi tipis dengan mentega. Tuang adonan sebanyak 2 atau 3 sendok makan ke dalam teflon di tiga tempat berbeda, sisakan ruang di antara tiap pancake agar tidak saling menempel.

5. Masak sampai bagian bawah pancake berwarna keemasan dan tampak gelembung di permukaan pancake, di mana beberapa di antaranya telah pecah. Balik pancake dengan spatula tipis dan masak lagi selama 1 atau 2 menit.

6. Bila pancake sudah berwarna keemasan di kedua sisinya, sajikan dengan menyusunnya di atas piring.


Cukup simpel kan pembuatan kedua jajanan tersebut? Keduanya tentu sangat menarik dan tampak lezat, bukan? Tapi jangan bingung untuk memilih. Foodies bisa membuat keduanya untuk dinikmati sendiri maupun bersama orang-orang tercinta. Dijamin deh, bakal ketagihan!


Daftar Pustaka

Laskin, A. 2011. Celebrating Pancakes, Waffles, and Crepes. China: A Leisure Arts Publication.

My Korean Kitchen. 2019. Hotteok (Korean Sweet Pancakes).


Oke Lifestyle. 2015. Hotteok Camilan Lezat Khas Korea Selatan.


The Worktop. 2020. Eggless Pancakes-Fluffy and Delicious.

107 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page