top of page

Pekan Pengenalan Kampus (PPK) 2022 Hari Pertama: Pengenalan Lingkungan Kampus


Pekan Pengenalan Kampus (PPK) 2022 merupakan kegiatan wajib yang diikuti oleh mahasiswa baru untuk memperkenalkan lingkungan kampus dan strategi belajar di perguruan tinggi. PPK 2022 hari pertama dilaksanakan pada hari Senin, 15 Agustus 2022. PPK 2022 hari pertama dibuka dengan pembacaan doa oleh salah satu peserta yaitu Jason. Kegiatan dibuka oleh Pak Victor serta Kak Arco yang memberikan contoh yel-yel Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) dan kemudian diikuti oleh para peserta. Sesi selanjutnya adalah pengenalan visi, misi, dan struktur organisasi yang dibawakan oleh Pak Srianta selaku Dekan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) dan Bu Rachel selaku Sekretaris Program Studi Teknologi Pangan. Pada sesi ini, Pak Srianta dan Bu Rachel memaparkan mengenai sejarah dari FTP UKWMS, Visi Misi serta nilai keutamaan Fakultas dan Universitas struktur organisasi UKWMS pada tingkat fakultas hingga tingkat universitas. Pak Srianta menjelaskan bahwa pada tanggal 8 Maret 2022, Fakultas Teknologi Pertanian telah berhasil meraih akreditasi unggul, sekaligus menjadi fakultas pertama di Indonesia yang pertama kali meraih gelar tersebut. Selain itu, Pak Srianta juga memaparkan mengenai semboyan dan positioning statement UKWMS.

PPK 2022 hari pertama tidak selesai sampai disini. Setelah mengenalkan visi misi, dan struktur organisasi UKWMS kepada para mahasiswa baru, sesi dilanjutkan dengan memperkenalkan dosen dan staf pendidik Fakultas Teknologi Pertanian dari Program Studi Teknologi Pangan dan Program Studi Biologi. Pada sesi pengenalan dosen dan staf pendidik, beberapa dosen/staf pendidik diberikan kesempatan untuk menceritakan bagaimana suasana perkuliahan yang nantinya akan diikuti oleh para mahasiswa baru. Para mahasiswa baru sangat antusias sehingga banyak dari mereka yang aktif untuk berinteraksi dengan dosen serta staf pendidik FTP UKWMS. Mahasiswa baru juga diberikan kesempatan untuk beristirahat selama 30 menit dan dilanjutkan untuk latihan menyanyi mars dan hymne UKWMS yang dipimpin oleh beberapa mahasiswa FTP UKWMS angkatan 19.

Tidak ingin kalah, Bu Virly dan Pak Radix juga turut memeriahkan rangkaian kegiatan PPK 2022 hari pertama dengan memaparkan materi mengenai keunggulan FTP. Beliau menjelaskan mengenai akreditasi dan peluang kerja yang bisa kita dapatkan saat masuk FTP. Guna mengisi energi, mahasiswa baru diberikan kesempatan untuk makan siang dan latihan yel-yel untuk perlombaan. Acara dilanjutkan dengan sesi pemaparan peraturan akademik dan peraturan perpustakaan yang dipaparkan oleh Bu Risti selaku Kepala Program Studi FTP UKWMS. Beliau menjelaskan mengenai semester sisipan atau mata kuliah yang mengulang. Bu Risti juga menyampaikan mengenai kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), strategi belajar di FTP dan perpustakaan kampus. Selain para dosen dan staf pendidik, mahasiswa pendamping atau yang biasa dipanggil kakak maping juga turut memberikan materi di rangkaian acara PPK 2022 hari pertama. Salah satu kakak maping, yaitu Kak Arco memberikan materi mengenai tata cara pembayaran uang kuliah. Mahasiswa baru tampak sangat serius untuk mendengarkan materi yang dipaparkan oleh Kak Arco.

Sesi ditutup dengan Bu Maya yang memberikan sedikit pemaparan mengenai sistematika poin serta jenis pelanggaran kepada mahasiswa baru. Sesi singkat tersebut diakhiri dengan memberikan kesimpulan mengenai PPK 2022 hari pertama yang telah dilaksanakan. Para mahasiswa baru sangat aktif dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh Bu Maya. PPK 2022 hari pertama diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh salah satu mahasiswa baru yaitu Bryan. Gimana? Seru bukan rangkaian acara PPK 2022 hari pertama? Penasaran dengan keseruan lainnya? Yuk nantikan keseruannya di PPK 2022 hari kedua!


Tags:

24 views0 comments
bottom of page