LKMM 2022 Hari Ketiga : Presentasi FTP Project & Dinamika Organisasi
Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa (LKMM) FTP-UKWMS hari terakhir dilaksanakan pada 22 Juli 2022 dan diawali dengan presentasi per kelompok pada sesi presentasi proyek dan penyempurnaan kegiatan mengenai tugas FTP Project yang diberikan pada hari sebelumnya. Tema besar FTP Project yang diangkat pada LKMM 2022 adalah Dies Natalis FTP dimana menjadi perayaan hari lahir Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (FTP-UKWMS). Mahasiswa yang dibagi menjadi beberapa kelompok ditugaskan untuk merancang acara pada rangkaian besar Dies Natalis FTP dan rancangan tersebut dipresentasikan secara singkat selama 15 menit dengan sesi tanya jawab dari para dosen, mahasiswa pendamping, dan rekan seangkatan. Sesi presentasi dan tanya jawab diadakan untuk meningkatkan kemampuan public speaking serta kemampuan problem solving mahasiswa dalam mempertanggungjawabkan acara yang telah disusun dan diharapkan ide acara mampu diaplikasikan secara nyata nantinya. Selama presentasi, mahasiswa cukup excited dalam menanggapi setiap pertanyaan yang diberikan dan terfokus mengenai konsep acara beserta anggaran pelaksanaan.
Kegiatan berikutnya merupakan rally games secara berkelompok pada setiap pos yang telah ditentukan oleh panitia. Sebelum rally games dimulai setiap kelompok diminta untuk membuat yel-yel sebagai identitas kelompok dan penyemarak suasana. Saat pelaksanaan rally games, para peserta nampak bersemangat dan antusias di setiap posnya. Pos-pos rally sendiri terletak dalam beberapa ruang kelas (A304 dan A202), area Fakultas Teknologi Pertanian, Plaza Santo Agustinus, dan area Ruang Senat Ormawa-FTP. Pada saat rally games berlangsung, peserta harus menampilkan yel-yel yang telah dibuat, sebelum memulai rally games di setiap pos. Penampilan dari yel-yel tiap kelompok akan dinilai oleh panitia penjaga terkait nilai kekompakan dan kreatifitas. Setelah penampilan yel-yel, maka babak rally games dimulai selama kurang lebih 20 menit dan tiap pos memiliki permainan yang bermacam-macam dan terdapat berbagai makna di dalamnya mengenai dinamika dalam berorganisasi. Permainan yang ada pada pos rally misalnya permainan Puzzle Buta dimana salah satu pengarah bertugas untuk mengarahkan peserta lainnya yang mengenakan penutup mata, sehingga bergerak dalam kondisi ‘buta’. Pada permainan tersebut, pengarah dituntut untuk mampu mengarahkan rekannya dalam mengambil potongan angka pada suatu tempat dan meletakkan pada sebuah papan angka sesuai dengan potongan yang sesuai. Beberapa peserta nampak kesulitan karena mengalami gangguan dari pengarah peserta lain yang ‘mencobai’ rival kelompoknya, sehingga peserta diharapkan tetap fokus dalam mengarahkan dan tetap percaya pada sang pengarah. Selain itu, terdapat permainan menyusun piramida kartu, mengestafetkan biji kacang hijau atau wijen, serta mengestafetkan gambar yang dimana setiap permainan memiliki kesulitannya masing-masing dan setiap peserta harus sabar dalam bermain serta tetap menjaga kekompakkan selama berdinamika.
LKMM 2022 ditutup dengan pemberian hadiahkepada para peserta yang telah memenangkan beberapa kategori, seperti juara 1 dan juara 2 rally games, juara 1 game komunikasi, yel-yel terbaik, FTP Project terbaik, dan tugas Tolak Ukur Keberhasilan (TUK) terbaik. Pembagian hadiah yang dilakukan mampu membangkitkan kembali semangat para peserta sehingga acara tetap meriah hingga akhir. Di akhir acara, para mahasiswa pendamping serta dosen pendamping memberikan apresiasi kepada para peserta karena sudah melaksanakan serangkaian kegiatan LKMM 2022 dari hari pertama hingga hari ketiga dengan baik. Dengan begitu, acara LKMM 2022 resmi berakhir. Sampai jumpa di acara berikutnya! (AA & AS)