top of page

Kunjungan siswa SMAK St. Agnes ke Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Katolik Widya Mandala SBY


Rabu, 8 Februari 2023 - SMAK St. Agnes mengunjungi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Rute kunjungan dimulai dari Kampus Dinoyo, Kampus Kalijudan, kemudian ke Kampus Pakuwon. Setibanya di Kampus Dinoyo, para siswa mengikuti serangkaian acara pembukaan yang bertempat di auditorium A301. Setelah itu, para siswa diajak untuk berkeliling mengunjungi Fakultas Teknologi Pertanian, Ilmu Komunikasi, Vokasi, Kewirusahaan, dan Bisnis.

Siswa-siswi SMAK St. Agnes terkhusus kelas XI IPA 1 kali ini berkesempatan untuk berkunjung ke Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) yang dilaksanakan di Laboratorium Pengetahuan Bahan, Teknologi Pengemasan, Penyimpanan, dan Penggudangan. Kunjungan ini diawali dengan sambutan singkat oleh Bu Yulian. Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kak Tabita mengenai lingkup ilmu yang dipelajari di FTP, laboratorium yang tersedia saat ini maupun perencanaan Culinary serta Pastry & Bakery Kitchen, hingga peluang karir lulusan FTP.

Acara dilanjutkan dengan simulasi pengujian sensoris metode duo trio yang dijelaskan oleh Kak Jovita dan Kak Mici. Uji duo triodigunakan untuk melihat perlakuan baru terhadap mutu produk dengan menilai keseragaman mutu bahan serta mengetahui ada atau tidaknya perbedaan antar sampel. Uji ini dilakukan dengan penyediaan 3 sampel keripik singkong yang terdiri dari 1 kode R (reference) dan 2 sampel berkode. Para peserta selaku panelis diminta untuk menentukan sampel mana yang sama dengan reference. Seluruh siswa mencentang pilihan jawaban pada papan untuk mengetahui apakah panelis dapat membedakan rasa dari kedua sampel yang diberikan. Mereka terlihat sangat antusias ketika mengikuti arahan panitia terutama ketika sesi kuis berhadiah. Kesimpulan dan kata penutup diberikan oleh Bu Yulian untuk menutup rangkaian acara sebelum siswa-siswi kembali ke plaza untuk melanjutkan perjalanan ke Kampus Kalijudan. Nantikan update kegiatan FTP berikutnya! (AP)

Tags:

47 views0 comments
bottom of page