top of page

Kunjungan siswa SMA Katolik St. Hendrikus ke Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Katolik Widya

Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya bekerja sama dengan beberapa SMA di Indonesia terutama di Surabaya, salah satunya adalah SMAK St. Hendrikus. SMAK St. Hendrikus memiliki program untuk meningkatkan kemampuan siswa dan guru melalui berbagai science project yang diantaranya yaitu Teknologi Pangan, dan FTP UKWMS merupakan salah satu dari mitranya. Kunjungan siswa SMAK St. Hendrikus kali ini tergabung dalam kelompok kegiatan STEP (Student and Teacher Empowerment Program).



Tema yang diambil untuk untuk kegiatan kali ini yaitu “Pelatihan Pembuatan Jelly Drink Bunga Telang”. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2022 pada pukul 14.00-16.00 WIB yang bertempat di Laboratorium Teknologi Pengolahan Pangan FTP UKWMS. Acara dimulai dengan sambutan dari Dekan FTP UKWMS dan Guru STEP SMAK St. Hendrikus. Berikutnya merupakan penjelasan keunggulan Fakultas Teknologi Pertanian UKWMS yang dibawakan oleh Bapak Radix. Beliau menjelaskan seputar hal yang dipelajari di FTP, fasilitas pembelajaran hingga kerjasama dan prospek yang dimiliki oleh para lulusan FTP.


Para siswa juga diberi penjelasan oleh Bapak Srianta mengenai pengolahan jelly drink yang ditambahkan dengan bunga telang. Semua siswa serta guru pendamping diberikan “Buku Saku” yang berisi bahan, alat, peranan masing-masing bahan dan tahapan proses pengolahan.Tidak hanya sampai disitu saja, para siswa juga melakukan praktek pengolahan Jelly drink bunga telang. Para siswa-siswi dibagi menjadi 4 kelompok yang didampingi oleh Mahasiswa FTP. Pengolahan dimulai dari preparasi bahan hingga pengemasan dalam botol.


Bapak Radix memberikan kesan dan pesan dari kegiatan ini sebagai berikut, acaranya berlangsung dengan seru dan siswanya sangat bersemangat dan memperhatikan arahan dari kakak mahasiswa dan bisa mempraktekannya, serta harapan kedepannya agar semakin menumbuhkan semangat dalam berinovasi berdasarkan ilmu dan teknologi terutama pada bidang pangan. Itu tadi merupakan liputan acara Kunjungan siswa SMA Katolik St. Hendrikus ke Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Nantikan berbagai kegiatan-kegiatan seru selanjutnya. Sampai jumpa! (KD,AE)

Tags:

43 views0 comments
bottom of page