top of page

Kunjungan Mahasiswa FTP UKWMS ke PT Amerta Indah Otsuka, Pasuruan




Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya telah melaksanakan kegiatan Kunjungan pabrik ke PT Amerta Indah Otsuka pada tanggal 24 dan 25 November 2022. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian angkatan 2020 hingga 2022. Kunjungan pabrik kali ini merupakan momen spesial bagi para mahasiswa karena untuk pertama kalinya berkesempatan mengikuti secara langsung.


PT Amerta Indah Otsuka telah membuka program kunjungan pabrik bagi masyarakat umum sejak 2011. Pabrik Kejayaan yang menjadi destinasi kunjungan pabrik berdiri di atas lahan berukuran 11 hektar dengan luas bangunan sebesar 29.000 meter persegi. Berlokasi di Pasuruan, pabrik ini dirancang khusus dengan prinsip "Open Space and Community Interaction" yang dilengkapi fasilitas pendukung lainnya seperti hall dan koridor khusus pengunjung untuk menyaksikan proses produksi hingga pengemasan secara langsung.



Para mahasiswa diberikan penjelasan oleh Ibu Indah Supraptiningsih selaku perwakilan pabrik mengenai sejarah perusahaan dan dilanjutkan edukasi mengenai berbagai produk yang diproduksi oleh PT Amerta Indah Otsuka. "Kami sangat antusias karena dapat mengunjungi pabrik Pocari Sweat dan Soyjoy sekaligus. Teknologi Explorion Theater yang interaktif memberikan pengalaman unik bagi kami sehingga kunjungan pabrik tidak membosankan sama sekali. Di sisi lain, Bu Indah sebagai perwakilan perusahaan juga mampu membangun kedekatan dengan kami melalui penyampaian informasi yang menyenangkan dan mudah dipahami," ujar Anastasia Pingkan (mahasiswa angkatan 2020).


Hal yang sama juga diungkapkan oleh Bhian Kuncoro (mahasiswa angkatan 2022), ”Ini kunjungan pabrik pertamaku jadi semua kegiatannya seru karena bisa ngerasain produk langsung dari pabriknya. Selama kunjungan, aku bisa melihat pembuatan Soyjoy dan mengenal manfaat dari berbagai minuman yang diproduksi serta pentingnya mencintai lingkungan. Selain itu, semua produk yang dibuat juga disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Para peserta juga ditugaskan untuk membuat video refleksi tentang nilai PeKA (Peduli, Komit, Antusias)”. Salah satu mahasiswi angkatan 2021, Stevanka Santoso pun memberikan tanggapannya, “Melalui kunjungan ini, aku jadi dapat gambaran ke depan ketika nantinya hendak berkarir di industri pangan. Ternyata pembelajaran di kampus juga diaplikasikan ke dunia kerja. Harapanku untuk kunjungan pabrik selanjutnya semoga bisa diadakan di perusahaan yang berbeda dengan tahun ini dan tentunya dilaksanakan secara offline.” Di akhir kunjungan, pihak pabrik memberikan buah tangan berupa produk-produk Otsuka yaitu Pocari Sweat, Oronamin C Drink, Fibe Mini, dan Soyjoy.


Walaupun disertai hujan deras pada kunjungan pabrik hari pertama, tetapi semua kegiatan dapat terlaksana dengan lancar. Kunjungan pabrik ini memberikan pengalaman yang sangat berkesan mulai dari mengenai sejarah dan perjuangan pabrik hingga mengunjungi ruang produksi sampai pengemasan produk Pocari dan Soyjoy di PT. Amerta Indah Otsuka. Sampai jumpa di kegiatan FTP selanjutnya! (ZR)

Tags:

85 views0 comments
bottom of page