top of page

Kreatif! UTS Mata Kuliah Teknologi Pengolahan Pastry & Bakery jadi Ajang Inovasi Jajanan Tradisional

Pada Selasa, 23 Maret 2024 yang lalu telah dilaksanakan Ujian Tengah Semester (UTS) untuk mata kuliah Teknologi Pengolahan Pastry & Bakery (TP Pastry Bakery) di Laboratorium Teknologi Pengolahan Pangan (Lab TPP). Mata kuliah TP Pastry  Bakery ini merupakan salah satu mata kuliah pilihan yang dapat diambil oleh mahasiswa semester 6 program studi Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (FTP UKWMS). UTS diawali dengan demo pembuatan cookies oleh Chef Herald dari Cendrawasih, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang  penyedia bahan pembuatan kue.

UTS mata kuliah TP Pastry Bakery ini sekaligus menjadi wadah untuk menuangkan kreativitas mahasiswa. Setelah demo pembuatan cookies selesai didemokan oleh Chef Herald, mahasiswa dibagi ke dalam 3 kelompok kerja. Masing-masing kelompok ditugaskan untuk membuat 3 produk inovasi olahan jajanan tradisional khas Nusantara. Inovasi jajanan tradisional didasarkan pada materi pembelajaran yang sebelumnya pernah diberikan oleh Chef Herald  selama perkuliahan di paruh pertama. Mahasiswa dibebaskan untuk mengkreasikan jajanan-jajanan tradisional yang sudah pernah dipraktekkan sebelumnya tanpa menghilangkan ciri khas dari jajanan tersebut. 

Hasil kreasi jajanan tradisional tersebut kemudian masuk ke tahap penilaian. Tak hanya melibatkan dosen FTP UKWMS dan Chef Herald saja, tahap penilaian juga melibatkan Wakil Rektor I (Bu Aning), Romo Campus Ministry (Romo Dewo, Ketua Lembaga Penguatan Nilai Universitas (Romo Benny), dan beberapa dosen dari fakultas lain di UKWMS. Sebelum memberikan penilaian, penilai diberikan kesempatan untuk mencicipi berbagai produk hasil kreasi mahasiswa tersebut. Penilaian didasarkan pada beberapa aspek, yaitu rasa, presentasi produk, dan kreativitas dari hasil inovasi jajanan yang dibuat. Hasil kreasi dari mahasiswa tersebut juga menuai beragam respon positif selama proses penilaian. Hal ini membuktikan bahwa kreativitas mahasiswa UKWMS berhasil disalurkan dan difasilitasi secara maksimal melalui mata kuliah TP Pastry Bakery.

Sampai jumpa di acara-acara selanjutnya! TVA.



Tags:

21 views0 comments

Comentarios


bottom of page