top of page

Kira-kira Es Serut dari Negara Mana yang Bakalan Jadi Favoritmu?

Hola Foodies! Jumpa lagi di edisi FOODNET kali ini. Belakangan ini kondisi di daerah Surabaya panas banget nih. Oleh karena itu, kami dari FOODNET akan membahas tentang yang adem-adem nih, yakni es serut around the world. Siapa sih yang ga suka es serut yang berasa melting di mulut dengan sensasi dinginnya yang menyejukkan. Ada beberapa inovasi es serut di dunia yang akan kami bahas, yuk langsung kita simak!



1. Es Teler

Gambar 1. Es teler Sumber: Alpermata (2020)

Es serut asal Indonesia ini tersedia dimana-mana mulai dari pinggir jalan, acara-acara tertentu, bahkan di mall pun ada. Tau gak sih kenapa es satu ini dinamakan “teler”?Padahal kata ini kan berarti lemas tak berdaya. Nah… Mulanya pada tahun 1980-an ada pedagang es campur bernama Tukiman Darmowijono yang berjualan dengan gerobak di Jalan Semarang, Jakarta Pusat. Es campur kreasi Tukiman begitu enak sehingga anak-anak muda yang meminumnya mengaku keenakan seperti “teler” akibat mengonsumsi narkoba. Es kelapa muda dengan tambahan alpukat yang dijual oleh Tukiman di Jalan Semarang ini pun dikenal sebagai “es teler.” Saat ini, es teler berupa es serut dengan potongan alpukat, kelapa muda, nangka matang, santan kelapa encer, serta tambahan susu kental manis dan sirup sebagai pemanis. Selain itu, es teler memiliki varian topping lain seperti cincau, kolang-kaling, pacar cina, potongan melon, sawo, pepaya, agar-agar, dan masih banyak lagi.


2. Kakigori

Gambar 2. Kakigori Sumber: Akiba Nation (2017)

Es serut khas Jepang, kakigori ini sangat terkenal. Bagi Foodies yang masih belum tau mengenai kakigori, gambaran umumnya seperti gunung salju kecil dengan tambahan sirup aneka rasa dilengkapi dengan susu kental manis sebagai penambah rasa manis. Selain susu kental manis, topping lain yang bisa ditambahkan berupa mochi, es krim, kacang merah manis, dan sebagainya. Bahan baku pembuatan kakigori tidak memerlukan perisa. Kakigori memiliki tekstur yang lembut, ringan, dan fluffy dibandingkan crunchy. Oleh karena itu, lebih mudah memberi sensasi melting secara merata di mulut. Secara umum, sirup yang digunakan memiliki rasa stroberi, lemon, ceri, Japanese citrus, anggur, melon, sweet plum, dan masih banyak lagi.


3. Patbingsoo

Gambar 3. Patbingsoo Sumber: Trip Advisor (2017)

Hidangan asli Korea ini tidak hanya menarik dipandang, namun juga nikmat di mulut. Patbingsoo dikenal sebagai es serut yang diberi susu kental manis, pasta kacang merah yang manis, dan topping tteok. Tteok ini merupakan sebutan dari rice cake Korea dimana keberadaannya dalam patbingsoo menjadi ciri khas es serut ini. Di samping itu, es serut ini bisa dihidangkan dengan berbagai rasa, mulai dari teh hijau, kopi, wine, sampai keju. Topping yang bisa dikombinasikan pun bisa berupa berbagai jenis buah, yoghurt, sereal, maupun es krim.


4. Halo-halo

Gambar 4. Halo-halo Sumber: The Gluten Guide (2020)

Halo-halo, hidangan khas Filipina yang pas untuk dinikmati saat musim panas. Es serut satu ini biasanya dikombinasikan dengan campuran kacang-kacangan seperti kacang merah dan chickpea, potongan pisang, kaong, potongan nangka, gelatin, mutiara tapioka, daging kelapa, dan nata de coco. Topping yang diberikan pun bisa beraneka ragam seperti leche flan, ubi ungu, dan es krim rasa keju atau buah-buahan. Terdapat tambahan evaporated milk dan pinipig untuk taburan. Seiring perubahan zaman, terbentuk berbagai variasi dari halo-halo ini, misalnya penggunaan topping buah sudah mulai beraneka ragam, kemudian pinipig bisa diganti dengan rice krispies.


5. Piragua

Es serut yang satu ini berasal dari Puerto Rico. Piragua umumnya banyak dijual pada saat perayaan National Puerto Rican Day dan juga Spanish Harlem. Produk yang dijual berupa es serut yang diberi sirup manis dalam cup. Cara tradisional pembuatan piragua ini menggunakan alat spesial untuk memarut blok es berukuran besar, kemudian di-scoop ke dalam cup kertas atau cone. Selanjutnya, diberi satu atau lebih jenis sirup berperisa, seperti kelapa, jeruk, ceri, lemon, rasberi, dan sirup dengan rasa buah lainnya. Sebenarnya piragua mempunyai kemiripan dengan snow cone, hanya saja sirupnya lebih kental.

Sesudah membaca mengenai kelima variasi es serut di 5 negara tersebut, apakah Foodies tertarik nih untuk membuat atau bahkan membelinya? Ngga perlu jauh-jauh kok, es teler khas negara kita saja nikmatnya tak terkalahkan. Nah buat Foodies yang tertarik, bisa cek resepnya di artikel lain pada edisi ini juga. Stay tuned untuk edisi selanjutnya.


Daftar Pustaka

Akiba Nation. 2017. Mencicipi Es Serut Kakigori Khas Jepang di Indonesia. https://www.akibanation.com/mencicipi-es-serut-kakigori-khas-jepang-di-indonesia/ (7 Mei 2021).


Alpermata. 2020. Es Teler Legendaris di Medan dan akan Kamu Rasakan Kesegarannya. https://www.alpermata.com/blog/es-teler-legendaris-medan/ (8 Mei 2021).


Asian Journal. 2014. Halo-Halo: Philippines’ Ultimate Summer Quencher. https://www.asianjournal.com/life-style/travel/halo-halo-philippines-ultimate-summer-quencher/(8 Mei 2021).


Budaya Indonesia. 2015. Es Teler.


Kyuhoshi. 2021. Kakigori: How to Make Kakigori at Home.


Petrillo, V. 2009. A Kid’s Guide to Latino History. USA: Chicago Review Press.


Seoul Journal. 2020. Patbingsu: taste of Korean Summer.


The Gluten Guide. 2020. Halo-halo.


The Noshery. 2015. Piragua de Cherry y Vainilla (Cherry Vanilla Shaved Ice). https://thenoshery.com/piragua-de-cherry-y-vainilla-cherry-vanilla-shaved-ice/ (7 Mei 2021).


117 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page