top of page

International Joint Activity Part II : Nugget Ayam Bayam & Pempek Sutra



Kamis, 29 Februari 2024 - Hari keempat bagi para peserta IJA (International Joint Activity) untuk mengunjungi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS). Pada kesempatan kali ini, para peserta kembali mengunjungi salah satu Laboratorium di FTP UKWMS yaitu Laboratorium Teknologi Pengolahan Pangan (TPP). Mereka diajak untuk membuat nugget ayam bayam mulai dari adonan awal hingga nugget siap untuk digoreng. Masing-masing peserta IJA mencoba membuat nugget ayam bayam tersebut dibantu oleh Evelyn (FTP’22), Jason (FTP’22), dan Ibu Rachel. 



Setelah pembuatan nugget bayam, mereka kemudian diajak untuk membuat pempek dengan bahan dasar putih telur atau biasa disebut pempek sutra. Pembuatan pempek sutra ini sesuai dengan tema mereka yaitu food waste, dimana putih telur sendiri merupakan salah satu waste yang didapatkan dari produk bakery. Maka dari itu, untuk meminimalisir waste, putih telur dimanfaatkan dengan cara diolah kembali menjadi pempek. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti tiap tahapan proses pembuatan pempek sutra. Pada akhir sesi, mereka mencicipi nugget ayam bayam serta pempek sutra yang telah mereka buat sendiri.



Serangkaian kegiatan telah dilalui oleh peserta IJA, tibalah saatnya untuk berdiskusi mengenai hal-hal apa saja yang didapatkan selama mengunjungi UKWMS. Topik yang dibahas dalam diskusi sesuai tema yaitu creative waste utilization and sustainability. Mulai dari cara kerja, packaging, target pemasaran (umur serta lokasi penjualan), berbagai solusi, inovasi, dan peluang yang bisa didapatkan dari pengolahan limbah industri pangan semuanya dibahas pada sesi diskusi. Sebuah pengalaman yang tak terlupakan bagi para peserta IJA, karena memiliki kesempatan untuk memperkaya pengetahuan lewat program pertukaran budaya ini. (AS, CM)


Tags:

9 views0 comments
bottom of page