top of page

Glosarium Si Manis Sirup Maple


Evaporasi : Bentuk proses yang menggunakan panas untuk menurunkan kandungan air dari bahan pangan yang berbentuk cairan dan hasil dari proses evaporasi disebut juga dengan padatan atau larutan terkonsentrasi.

Reverse Osmosis : Suatu proses filtrasi yang mampu menyisihkan banyak jenis molekul dan ion besar dari larutan yang memberikan tekanan pada larutan yang berada pada salah satu sisi membran selektif.

Gula invert : Gula invert merupakan gula yang mengandung glukosa dan fruktosa dalam jumlah yang sama dan digunakan dalam industri pangan sebagai pemanis, pemberia aroma, dan merupakan hasil dari hidrolisis sukrosa baik secara enzimatik maupun kimia dengan katalis asam bebas.

Glukosa : Glukosa merupakan gula monosakarida dengan rumus C6H12O6 yang dapat langsung diserap oleh tubuh dan dikonversi menjadi energi bagi sel dalam menjalankan fungsi dan sistem metabolisme yang penting di dalam tubuh.

Fruktosa : Fruktosa merupakan monosakarida dengan 6 atom karbon dan merupakan isomer dari glukosa serta mengandung gugus karbonik sebagai keton yang biasanya terdapat pada buah-buahan, madu, sayuran, biji-bijian dan sumber utamanya merupakan derivat gula tebu dan gula bit serta digunakan sebagai pemanis makanan dan mempunyai rasa paling manis dibandingkan karbohidrat lainnya



DAFTAR PUSTAKA

Diyah, N. W., Ambarwati, A., Warsito, G. M., Niken, G., Heriwiyanti, E. T., Windysari, R., Prismawan, D., Hartasari, R. F., & Purwanto, P. (2018). Evaluasi kandungan glukosa dan indeks glikemik beberapa sumber karbohidrat dalam upaya penggalian pangan ber-indeks glikemik rendah. Jurnal Farmasi Dan Ilmu Kefarmasian Indonesia, 3(2), 67.


Prahastuti, S. (2011). Konsumsi fruktosa berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan manusia. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(2), 173–189.


Razak, A. R., Sumarni, N. K., & Rahmat, B. (2012). Optimalisasi hidrolisis sukrosa menggunakan resin penukar kation tipe sulfonat. Jurnal Natural Science, 1(1), 119–131.


Syakdani, A., Purnamasari, I., & Necessary, E. (2019). Prototipe alat evaporator vakum (efektifitas temperatur dan waktu evaporasi terhadap tekanan vakum dan laju evaporasi pada pembuatan sirup buah mengkudu (morinda citrifolia l.)). Jurnal Kinetika, 10(2), 29–35.


The Editors of Encyclopaedia Britannica. (2022). Biochemistry: Glucose. Britannica Online Article. https://www.britannica.com/science/glucose. Tanggal akses 5 Mei 2022


Wenten, I. G., Khoiruddin, & Hakim, A. N. (2014). Osmosis Balik. Institut Teknologi Bandung.

54 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page