top of page

Glosarium Kue Sus vs Éclair

Baking powder: Bahan pengembang yang digunakan untuk meningkatkan volume dan meringankan tekstur makanan yang dipanggang seperti muffin, bolu, scone, dan biskuit. Bubuk pengembang bekerja dengan melepaskan gas karbon dioksida ke dalam adonan melalui sebuah reaksi asam-basa yang menyebabkan munculnya gelembung-gelembung di dalam adonan yang masih basah. Ketika dipanaskan, adonan akan memuai dan gelembung-gelembung tersebut akan terperangkap sehingga menyebabkan kue menjadi mengembang dan ringan.


Custard: Bahan makanan yang terbuat dari campuran susu, krim, dan kuning telur. Custard biasanya disajikan sebagai saus puding, bahan dasar makanan atau hidangan penutup.


Glaze: Lapisan yang menutupi kue dan memiliki sifat memantulkan cahaya atau mengkilap. Glaze terbuat dari gula halus, putih telur, dan terkadang juga ditambah dengan susu. Glaze digunakan sebagai dekorasi pada permukaan kue agar terlihat lebih cantik sekaligus memperkaya cita rasa kue tersebut. Glaze dioleskan pada makanan dengan cara mencelupkan, meneteskan atau menggunakan bantuan kuas.


Kalis: Adonan yang sudah diuleni dengan baik, tidak lengket di tangan, memiliki tekstur yang elastis atau dapat ditarik, dan membentuk lembaran tipis yang sedikit transparan.


Piping bag: Plastik berbentuk segitiga dan memiliki lubang pada salah satuujungnya. Piping bag digunakan untuk mengeluarkan butter cream di atas kue seperti cupcake, kue ulang tahun, sagu keju, dan kue sus.


Spuit: Besi berukuran kecil dan berbentuk kerucut yang ditempatkan di ujung plastik segitiga (piping bag). Spuit digunakan untuk menghias kue dan memberi bentuk pada butter cream yang keluar dari piping bag.


Vla: Produk susu khas Belanda yang menggunakan susu segar sebagai bahan utamanya. Vla terbuat dari susu, kuning telur, maizena, gula, dan vanili. Vla terdapat dalam berbagai rasa seperti vanilla, cokelat, karamel, pisang, jeruk, blackcurrant, arbei, kayu manis, persik, dan apel.


Daftar Pustaka

Barham, P. 2001. The Science of Cooking. Berlin: Springer.


Nisa. 2016. Kenali Spuit dan Fungsinya.


Ruswan, J. 2020. Mengenal Istilah "Kalis" dalam Menguleni Adonan, Ini Penjelasannya.


Verberne, M. dan W. Iqbal. 2016. Roast: A Very British Cookbook. United Kingdom: Bloomsbury Publishing.

92 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page