top of page

Glosarium Fermentasi Wine


Substrat : Senyawa yang mengalami perubahan oleh hasil kerja enzim; zat yang diubah oleh enzim.

Biokatalis : Senyawa organik yang meningkatkan laju reaksi kimia sehingga reaksi dapat terjadi lebih cepat.

Enzim : Sebuah protein yang bertindak sebagai biokatalisator dalam reaksi kimia sistem metabolisme.

Mikroorganisme : Makhluk hidup dengan ukuran sangat kecil yang terdiri dari sel tunggal atau ber sel banyak.

Aplikasi : Sebuah[CS1] program yang digunakan untuk melaksanakan suatu fungsi bagi penggunanya.

Metabolisme : Sebuah reaksi kimia yang terjadi di dalam mahkluk hidup yang dibagi menjadi dua yaitu, anabolisme dan katabolisme.

Yeast : Yeast atau khamir merupakan fungi ber sel tunggal (uniseluler eukariotik) yang cara berkembangbiaknya melalui pembentukan tunas (budding) atau pembelahan (fission) dan memiliki fase seksual yang tidak tertutup dalam badan buah.

Ekstraksi : Proses pemindahan suatu zat atau solusi dari larutan atau padatan awal ke dalam suatu pelarut tertentu. Proses pemindahan ini berdasarkan perbedaan kemampuan melarutnya komponen-komponen yang ada di dalam suatu campuran.

Etanol : Suatu bahan kimia yang terdapat didalam minuman beralkohol atau arak, etanol atau etil alkohol seringkali digunakan sebagai bahan pelarut dalam dunia farmasi dan industri makanan dan minuman dengan sifat yang tidak berwarna dan tidak berasa namum memiliki bau dan mudah terbakar.

Senyawa : Zat kimia murni yang terdiri dari beberapa unsur yang dapat dipisahkan menjadi unsur-unsur yang terpisah dengan reaksi kimia.


Daftar Pustaka


Aji, A., Bahri, S., & Tantalia. (2017). Pengaruh Waktu Ekstraksi dan Konsentrasi HCl Untuk Pembuatan Pektin Dari Kulit Jeruk Bali (Citrus maxima). Jurnal Teknologi Kimia Unimal, 6(1), 33-44.


Dwinata, R. A., Efendi, R., & Yudha, S. P. S. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Tabel Periodik Unsur dan Perumusan Senyawa Kimia Dari Unsur Kimia Dasar Berbasis Android. Jurnal Rekursif, 4(2), 176-183.


Faridah, H. D. & Sari, S. K. (2019). Pemanfaatan Mikroorganisme Dalam Pengembangan Makanan Halal Berbasis Bioteknologi. Journal of Halal Product and Research, 2(1), 33-43.

Juansyah, A. (2015). Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted-Global Positioning System (A-GPS) Dengan Platform Android. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), 1(1), 1-8.


Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2022. https://kbbi.web.id/substrat. Tanggal akses 25 Oktober 2022.


Prihartini, I. &Dewi, R. K. (2021). Kandungan Enzim Papain Pada Pepaya (Carica papaya L) Terhadap Metabolisme Tubuh. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(3), 449-558.


Prihartini, M. & Ilmi, M. (2018). Karakterisasi dan Klasifikasi Numerik Khamir Madu Hutan dari Sulawesi Tengah. Jurnal Mikologi Indonesia, 2(2), 112-117.


Putra, W. A., Karnila, R., & Diharmi, A. (2021). Aktivitas Ekstrak Kasar Enzim Kolagenase Dari Organ Dalam Ikan Malong (Congresox talabon) Pada pH Berbeda. Jurnal Teknologi dan Industri Pertanian Indonesia, 13(1), 27-30.


Utami, L. I. (2009). Pembuatan Etanol Dari Buah Mengkudu. Jurnal Teknik Kimia, 4(1), 255-259.

7 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page