top of page

Glosarium Es Serut vs Patbingsoo

Chick pea: Kacang yang berasal dari Mediterania dengan nama ilmiah Cicer arietinum, dikenal dengan sebutan kacang garbanzo. Memiliki bentuk yang bulat dengan kedua ujung runcing dan berwarna krem. Kandungan gizi yang dimiliki kacang ini cukup beragam seperti vitamin A, kalsium, dan memiliki karbohidrat yang cukup tinggi sebanyak 41,1% - 47,4%.


Evaporated milk: Susu sapi yang memiliki kadar air yang rendah karena 60% kadar airnya dihilangkan dengan cara dipanaskan. Pembuatannya dilakukan dengan merebus susu sapi segar secara perlahan dengan api kecil. Susu ini dapat digunakan dalam hidangan bertekstur seperti krim, tetapi tidak menambah rasa manis yang signifikan.


Hydrangea: Tanaman hias yang berasal dari Jepang, tidak hanya sebagai tanaman hias, namun dapat digunakan sebagai tanaman obat yang memiliki berbagai khasiat, yaitu sebagai antiradang karena mengandung alkaloid yang memiliki efek serupa dengan hormon kortison. Tanaman ini juga memiliki kandungan kimia berupa asam hidrosianida dan pada bunganya mengandung tufin.


Ivy: Jenis tanaman menjalar yang berasal dari Eropa dan memiliki nama ilmiah Hedera helix. Tanaman ini memiliki manfaat sebagai zat antimikroba karena memiliki kandungan flavonoid, saponin, dan steroid. Daun ivy kaya akan triterpenoid saponin yang dapat membantu penyerapan usus dan melawan berbagai bakteri yang masuk ke dalam tubuh.


Japanese citrus: Buah yang kerap dikenal sebagai buah Yuzu atau Citrus junos merupakan buah dari kelompok sitrus atau jeruk. Banyak dibudidayakan di Jepang dan Korea, buah ini memiliki jumlah vitamin C yang 3 kali lipat lebih tinggi dibandingkan buah lemon.


Leche flan: Makanan pencuci mulut berbasis telur yang terkenal di Filipina. Biasanya dihidangkan dengan caramel yang memiliki rasa manis serta custard yang memiliki tekstur kental.


Mochi: Kue kenyal dan manis yang terkenal berasal dari Jepang. Mochi terbuat dari tepung beras ketan dengan isian yang beragam seperti kacang merah hingga ice cream.


Nata de coco : Makanan fungsional yang merupakan dietary fiber memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang menyerupai kolang kaling. Nata merupakan polisakarida menyerupai gel yang terapung di permukaan yang dihasilkan oleh bakteri Acetobacter xylinum.


Pinipig : Biji-bijian yang belum matang dan kerap digunakan sebagai tambahan hidangan. Biji-bijian ini terbuat dari nasi pulut atau beras ketan yang ditumbuk hingga rata sebelum dipanggang.


Whipped cream : Emulsi water in oil dari hasil pengocokan lemak, protein, stabilizer, emulsifier, dan air. Krim ini diaduk dengan mesin kocok, alat kocok atau garpu hingga menggumpal dan memiliki kadar lemak 40%.


Wine: Minuman beralkohol yang dibuat dari sari buah anggur, blackberry, stroberi, dan masih banyak buah yang dapat diolah menjadi wine. Minuman ini dibuat melalui proses fermentasi gula yang terdapat dalam buah anggur.


Daftar Pustaka

Amri, N. 2015. Pengaruh Pengendalian Suhu Berbasis Logika Fuzzy dan Kecepatan Pengadukan Evaporator Vakum Double Jacket Terhadap Karakteristik Fisik Permen Susu, Jurnal Bioproses Komoditas Tropis 3(2): 9-16.


Fernandes, R. 2009. Microbiology Handbook Dairy Products. London: Royal Society of Chemistry.


Fridayani, N. 2020. Bedanya Susu Evaporasi dengan Susu Kental Manis.


Hamad, A. dan Kristiono. 2013. Pengaruh Penambahan Sumber Nitrogen terhadap Hasil Fermentasi Nata De Coco, Momentum (1): 62-65.


Jung, J.Y., S.H. Lee, J.M. Kim, M.S. Park, J.W. Bae, Y. Hahn, E.L. Madsen dan C.O. Jeon. 2011. Metagenomic Analysis of Kimchi, a Traditional Korean Fermented Food, Applied and Environmental Microbiology 7(7): 2264-2274.


Kusinera, L. 2020. Leche Flan. https://lolakusinera.com/leche-flan/ (8 Mei 2021).

84 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page