top of page

GLOSARIUM



Manisan : Buah-buahan yang direndam dalam larutan gula selama beberapa waktu. Perendamanan manisan akan membuat kadar gula dalam buah meningkat dan kadar airnya berkurang. Keadaan ini akan menghambat pertumbuhan mikroba perusak sehingga buah akan lebih tahan lama. Contoh manisan selain terong yaitu mangga, kedondong, nanas, dan lain-lain.

Daya simpan : Daya simpan atau umur simpan merupakan rentang waktu yang dimiliki suatu produk mulai dari produksi hingga konsumsi sebelum produk mengalami penurunan kualitas/rusak dan tidak layak untuk dikonsumsi dan berkaitan dengan kualitas dari produk pangan.

Air bebas : Air yang terikat dalam jaringan penyusun bahan dan memiliki sifat mudah diuapkan dan sangat mudah digunakan mikroba untuk dapat tumbuh dan menjadi media bagi reaksi kimiawi. Tipe air bebas terdapat dalam ruang antar sel dan inter-granular serta pori yang terdapat pada bahan pangan.

Permeabilitas : Kemampuan dari suatu zat untuk dapat menembus suatu kemasan pada kondisi dan tingkat kelembapan tertentu sekitar pada suhu 20°C dengan tingkat kelembapan 55%.

Kontaminasi :Tercemarnya suatu produk pangan akibat zat asing yang tidak dikehendaki masuk ke dalam makanan dan menyebabkan terjadinya penyakit pada konsumen.





Daftar Pustaka :

Asiah, N., Cempaka, L., David, W. (2018). Panduan Praktis Pendugaan Umur Simpan Produk Pangan, Penerbitan Universitas Bakrie. (h.1).


Diskepang Riau. (2017). Mengenal Air dalam Bahan Pangan. http://diskepang.riau.go.id/artikel/detail/mengenal-air-dalam-bahan-pangan. Tanggal akses 12 November 2021.


Indrawati, D. (2016). Kontaminasi Makanan (Food Contamination) oleh Jamur. Penerbit Forum Ilmiah Kesehatan


Pratami, N. F. (2012). Proses Produksi Manisan Basah Pare “SANRE”, Laporan Tugas Akhir, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.



67 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page