top of page

Es Serut dan Patbingsoo yang Manis dan Segar, Hm.. Gimana Ya Sejarahnya?

Hai, Foodies! Edisi kali ini, Tim FOODNET akan membahas tentang dessert yang manis dan segar nih! Yup, es serut! Menarik banget kan, Foodies? Dessert yang manis dan segar ini tentu cocok banget buat dinikmati saat cuaca panas atau menjadi teman saat kerja tugas. Nah, ngomong-ngomong.. apa Foodies sudah tahu tentang sejarah es serut? Apa Foodies juga sudah tahu tentang sejarah patbingsoo yang merupakan es serut dari Korea ini? Kalau belum tahu, yuk simak dulu sejarahnya di bawah ini!

Es serut sudah ada di Jepang sejak Periode Heian, yaitu 794 sampai 1185 Masehi dan disebut dengan kakigori. Nama kakigori pertama kali disebut di Makura no Soshi (The Pillow Book) yang ditulis oleh Sei Shonagon yang merupakan seorang wanita istana yang melayani permaisuri Kaisar Ichijo. Pada saat itu, es diambil dari pegunungan di musim dingin yang kemudian disimpan di rumah-rumah es yang dapat menjaga es tetap beku.

Gambar 1. Strawberry and Milk Kakigori Sumber: Japanese Cooking 101 (2018)

Gambar 1. Strawberry and Milk Kakigori

Sumber: Japanese Cooking 101 (2018)


Es kemudian dihancurkan dengan pisau lalu diletakkan pada mangkuk logam hingga menggunung dan disiram dengan cairan manis dari jenis tanaman merambat, seperti hydrangea dan ivy. Kakigori atau es serut ini menjadi hidangan mewah yang hanya dapat dibeli oleh orang-orang kaya pada zaman itu karena penyiapannya yang sulit. Pada abad ke-19, metode pembuatan dan penyimpanan es serta berkembangnya transportasi membuat kakigori lebih mudah dijangkau oleh publik.Bentuk modern dari es serut yang kita ketahui saat ini, diyakini ditemukan di kedai kakigori pertama di kota Yokohama, Jepang pada tahun 1869 dan menjadi suguhan populer pada tahun 1920. Kakigori pun dibawa oleh orang-orang Jepang yang bermigrasi ke Hawaii untuk bekerja di perkebunan tebu yang saat itu tengah berkembang pesat sebagai penyegar di iklim tropis. Mereka menggunakan parang untuk menghancurkan balok es besar menjadi es serut di dalam cup-cup dan menuangkan jus buah di atasnya. Beberapa orang Jepang yang meninggalkan pekerjaan mereka di perkebunan tebu, menjual kakigori di swalayan dan toko kelontong, yang kemudian dikenal dengan nama es serut oleh penduduk setempat. Es serut pun menjadi dessert favorit di Hawaii sampai sekarang.

Gambar 2. Patbingsoo Sumber: Seoul Foodie (2014)

Nah Foodies, Korea juga memiliki es serut yang bernama Patbingsoo, lho! Patbingsoo berasal dari kata bingsoo, yang artinya segunung es serut yang disajikan dengan topping berupa pat, yaitu kacang merah dalam bentuk pasta yang manis. Selain pasta kacang merah manis, topping patbingsoo juga berupa kue beras kenyal (tteok), susu kental manis, es krim, dan taburan misugaru, yaitu bubuk biji-bijian panggang yang digiling halus. Asal-usul patbingsoo ini sering dikaitkan dengan pendudukan kolonial Jepang di Korea pada tahun 1910 sampai 1945. Pada saat itu, orang Korea terinspirasi untuk membuat hidangan dingin yang unik yang terbuat dari pasta kacang merah dan disajikan dengan es serut. Walaupun demikian, bingsoo atau es serut sudah ada sejak Dinasti Joseon, lhoFoodies! Saat itu, seobingo atau pejabat pemerintah yang bertanggung jawab atas kotak es kerajaan akan berbagi es dengan sesama pejabat. Mereka menghancurkan es dan mencampurkannya dengan buah cincang. Bingsoo pun berkembang lebih lanjut pada abad-abad berikutnya. Ketika Perang Korea dari tahun 1950 sampai 1953, bingsoo mengalami perubahan karena adanya pengaruh asing yang membuat topping es serut ini menjadi beraneka ragam, seperti es krim, koktail buah, sereal, dan whipped cream.

Nah, Foodies itu tadi sejarah tentang es serut dan patbingsoo. Gimana, tertarik untuk mencoba membuat sendiri dessert manis dan segar tersebut? Yuk langsung saja lihat resepnya di artikel bagian resep! Sampai jumpa di edisi berikutnya!


Daftar Pustaka

Han, Y. 2018. Seoul: Shave it Up.


Japanese Cooking 101. 2018. Strawberry and Milk Kakigori Recipe. https://www.japanesecooking101.com/strawberry-and-milk-kakigori/ (7 Mei 2021).


Lin, S. 2020. The Scoop on Kakigori.


Mustika, L. 2015. Kakigori, Es Serut dengan Aneka Rasa yang Menyegarkan.


Ranahan, J. 2019. Shave Ice is Actually an Ancient Dessert from Japan. https://www.10best.com/interests/food-culture/shave-ice-is-actually-an-ancient-dessert-from-japan/ (7 Mei 2021).


Seoul Foodie. 2014. What is PatBingSoo (팥빙수)?.


Strusiewicz, C. J. 2017. Kakigori-The Tip of The (Shaved) Iceberg.


Tom. 2015. A Unique History of Shave Ice.




93 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page