top of page

Sejarah Wafer

Updated: Dec 30, 2019



Asal Usul Kata Wafer


Kata wafel berasal dari Middle Low German yang umumnya digunakan di wilayah Laut Utara dan Laut Baltik sekitar tahun 1100-1600 Masehi. Beberapa jejak menunjukkan bahwa kata wafel berasal dari Old High German, yaitu waba dan wabo yang berarti sarang lebah.

Setelah itu, wafel masuk ke Middle English sekitar tahun 1377 dan disebut sebagai wafer. Selain itu, wafel juga masuk ke beberapa negara lain seperti di Perancis dengan sebutan gaufre, di Belanda dengan sebutan vafel, dan di Amerika dengan sebutan waffle.


Besi Pemanggang Wafer


Besi pemanggang wafer berasal dari abad pertengahan Eropa. Alat ini tersusun atas dua piring logam yang dihubungkan menggunakan engsel serta memiliki lengan dengan pegangan kayu. Selain itu, beberapa dari alat ini memiliki pola sarang lebah seperti pola yang ada pada wafer dan waffle jaman sekarang. Besi pemanggang ini dipakai dengan cara diletakkan di atas api dan dibolak-balik agar kedua sisinya matang.


Besi pemanggang wafer

Besi pemanggang wafer

Oven Wafer


Pada tahun 1897, George Samuel Baker dari Inggris menciptakan oven wafer dengan enam loyang yang dipanaskan menggunakan gas untuk dipakai oleh perusahaan Delacre di Belgium. Ia diberi hak paten GB 1897-11820, “Improvements in or Relating to Ovens and Apparatus Employed in the Manufacture of Wafers and the Like”.



Gambar tertua mengenai pembuatan wafer yang ditemukan di Velislai biblia picta (Velislav's Bible). Gambar ini ditemukan antara tahun 1325 dan 1349. Pada gambar ini sedang dilakukan proses penyaringan tepung wafer

Perusahaan Wafer yang Terkenal pada Abad ke-19


Pada tahun 1890, Joseph Manner membuka toko pertamanya di Katedral St Stephen, Vienna. Hal ini menjadi langkah pertama sebelum ia mendirikan perusahaanya. Manner Company menggunakan gambar Katedral Vienna sebagai logo perusahaan

Perusahaan yang ditemukan pada tahun 1890 ini memproduksi berbagai macam makanan termasuk wafer. Produk yang paling dikenal dari perusahaan ini adalah Neapolitan Wafer No. 239 yang diperkenalkan pada tahun 1898. Setiap bungkus wafer ini berisi 10 blok, dimana per bloknya berukuran 47 x 17 x 17 mm (ukuran satu kali gigit). Wafer ini berisi 4 lapis krim yang lembut dengan 5 lapis wafer yang renyah.

Manner Wafer menjadi produk makanan manis paling sukses di Austria, dimana tiap harinya terjual 4000 wafer pada toko Manner yang ada di Vienna’s Stephansplatz. Manner Wafer menjadi simbol budaya serta gaya hidup di Vienna.



Josef Manner

Daftar Pustaka

Tiefenbacher, K. R. 2017. The Technology of Wafers and Waffles I. London: Elsevier Inc.

Tiefenbacher, K. R. 2019. The Technology of Wafers and Waffles II. London: Elsevier Inc.

110 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page