top of page

Asal Usul Spiku vs Rainbow Cake

Hai, Foodies! Siapa sih yang gak kenal spiku dan rainbow cake? Ya! Spiku dan rainbow cake adalah jenis kue basah yang sering dijumpai di toko-toko kue. Nah, kali ini tim FOODNET akan membagikan informasi tentang asal-usul dari kedua jenis kue basah tersebut. Bagi Foodies yang sudah penasaran, yuk baca artikel selengkapnya!

Kue basah yang pertama akan kita bahas adalah spiku. Spiku atau spekkoek adalah salah satu jenis kue basah tradisional Indonesia. Kata ‘spiku’ berasal dari bahasa Belanda yaitu kata ‘spek’ dan ‘koek’. Kata ‘spek’ berarti lemak daging babi sedangkan ‘koek’ berarti kue. Meskipun kata ‘spek’ berarti lemak daging babi, kue spiku tidak menggunakan bahan daging babi dalam pembuatannya. Dikatakan lemak daging babi karena spiku memiliki banyak lapisan yang tampak seperti lemak pada perut babi.

Gambar 1. Spiku

Sumber: Paramita (2019)


Kue spiku dikembangkan pada masa kolonial Belanda di Indonesia yang terinspirasi dari kue lapis Eropa. Para penjajah Belanda sering menproduksi kue ini kemudian dimodifikasi dan diadaptasi oleh keturunan Tionghoa di Indonesia menggunakan bahan dan rempah-rempah khas Indonesia seperti kayu manis, cengkeh, pala, dan adas manis. Kini spiku hadir dalam berbagai variasi rasa, penyajian, dan cara pembuatannya. Pada awalnya, spiku diproduksi dengan cara dipanggang menggunakan oven tetapi sekarang spiku juga diproduksi dengan cara dikukus.

Nah, selanjutnya mari kita bahas tentang rainbow cake atau kue pelangi. Rainbow cake atau kue pelangi adalah kue berlapis dengan perpaduan warna pelangi. Rainbow cake menjadi populer karena ramai dibicarakan melalui jejaring sosial. Munculnya rainbow cake diawali oleh seorang mahasiswi Amerika Serikat, Kaitlin Flannery, yang berencana untuk memberi kejutan untuk sahabatnya yang sangat menyukai warna pelangi. Setelah berhasil membuat rainbow cake, ternyata sahabat Kaitlin Flannery sangat menyukai rasa rainbow cake itu.

Gambar 2. Rainbow cake

Sumber: Kerry Cooks (2012)


Kaitlin Flannery akhirnya memutuskan untuk membagikan resep rainbow cake yang telah ia buat. Banyak orang yang memberikan reaksi positif atas resep kue tersebut sehingga makin banyak orang yang mengenal rainbow cake. Hal tersebut juga menarik perhatian salah satu acara televisi yaitu The Martha Stewart Show kemudian berhasil mengundang Kaitlin Flannery pada April 2010. Secara khusus, ia mempraktikkan pembuatan rainbow cake temuannya itu.

Nah, itu dia informasi tentang asal-usul dari spiku dan rainbow cake yang tim FOODNET bagikan untuk Foodies. Sekarang, Foodies sudah tahu kan gimana munculnya kedua kue tersebut? Nantikan informasi selanjutnya ya, Foodies!


Daftar Pustaka

Kerry. 2012. Easy 6-Layer Rainbow Cake - Step by Step. https://kerrycooks.com/easy-6-layer-rainbow-cake-step-by-step/ (31 Mei 2021).


Paramita, A. 2019. 8 Rekomendasi Kue Spiku, Oleh-Oleh Ikonik Khas Kota Surabaya. https://www.idntimes.com/food/dining-guide/afra-paramita-bahr/rekomendasi-kue- spikoe-c1c2 (31 Mei 2021).


Susanto, S. 2015. Variasi Spiku Favorit. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


636 views1 comment

Recent Posts

See All
bottom of page