top of page

Asal-usul Pancake dan Hotteok

Hai Foodies! Banyak dari kalian pasti sudah mengenal pancake. Bagi Foodies pecinta makanan dari negeri ginseng atau Korea, pasti juga sudah kenal dengan hotteok. Nah, tapi apa Foodies juga sudah tahu asal-usul dari kedua makanan tersebut? Kalau belum tahu, yuk simak informasinya di bawah ini!


Makanan pertama yang akan dibahas adalah pancake. Pancake merupakan makanan yang dibuat dari adonan yang terdiri dari telur, tepung terigu, susu, namun juga dapat ditambahkan dengan kayu manis dan gula. Pembuatan pancake ini sangat praktis dan cepat sehingga cocok disajikan untuk sarapan. Biasanya, pancake disajikan dengan berbagai macam topping, seperti maple syrup, mentega, selai kacang, madu, atau buah-buahan.


Gambar 1. Pancake Sumber: Raffa (2020)

Pancake diperkirakan menjadi makanan populer sejak tahun 1430-an dan diperkirakan sudah ada sejak zaman batu. Pada awalnya, para peneliti menemukan adanya butiran pati gandum pada penggilingan kuno yang berusia 30.000 tahun. Selanjutnya, para peneliti mendalami lebih lanjut tentang penemuan ini. Mereka mengatakan bahwa para koki pada zaman batu sudah mahir mencampur pati gandum dengan air yang kemudian dimasak dengan cara dipanggang di atas batu panas. Akhirnya para peneliti menyimpulkan jika makanan yang dibuat ini mirip dengan sajian crepes atau pancake, meskipun tidak terlalu jelas makanan apa yang dibuat.


Pada zaman Romawi, pancake dikenal dengan nama Alita Dolcia, yang berarti makanan manis. Pancake klasik dibuat dengan mencampurkan susu, tepung, telur, dan berbagai bahan tambahan yang kemudian dipanggang hingga matang. Orang Romawi biasanya menikmati pancake yang ditambahkan dengan madu dan buah segar. Resep pancake kemudian mulai populer di Eropa sejak tahun 1430-an. Selain itu, ada pula Pancake Day (Shrove Tuesday) yang dirayakan setiap Selasa sebelum Rabu Abu (hari pertama puasa Paskah bagi umat Katolik). Tradisi Pancake Day ini telah diamati sejak abad ke-16 di Inggris, di mana orang-orang memakan pancake untuk menandai awal masa Pra-Paskah serta menghabiskan persediaan susu, mentega, dan telur, karena selama 40 hari mereka tidak boleh mengonsumsi makanan yang mengandung bahan-bahan tersebut. Seiring dengan perkembangannya, pancake pun mulai tersebar lebih luas di seluruh dunia.


Nah Foodies, selanjutnya Tim FOODNET akan membahas tentang asal-usul hotteok, nih. Hotteok adalah pancake manis dari Korea yang berisi gula merah, bubuk kayu manis, dan kacang-kacangan yang digoreng dengan minyak yang banyak. Walaupun demikian, sekarang sudah banyak variasi isian dari makanan ini, seperti keju, sayuran, dan kimchi. Hotteok populer sebagai street food snack di Korea, terutama sewaktu musim dingin karena disajikan dalam keadaan hangat.

Gambar 2. Hotteok Sumber: Effendy (2020)

Hotteok dibawa ke Korea oleh tentara dari Cina. Pada zaman dahulu, tentara dari Dinasti Qing dari Cina dikirim ke Kerajaan Joseon pada saat Insiden Imo pada tahun 1882 di Seoul. Setelah insiden tersebut, tentara dari Dinasti Qing tetap berada di Korea karena tempat asal mereka tidak layak untuk ditempati kembali. Di Korea, mereka mencari nafkah dengan menjual makanan ringan, seperti mandu (pangsit) dan hotteok. Hotteok yang berasal dari Cina memiliki isian berupa daging, daun bawang, dan seafood. Hotteok dari Cina tersebut kemudian mengalami perkembangan secara bertahap agar sesuai dengan selera orang Korea. Pada awalnya, hotteok dibuat dengan cara dipanggang pada api unggun atau tungku. Baru pada tahun 1970, seiring dengan diperkenalkannya minyak goreng secara massal, maka mulai ada hotteok pan-fried.


Nah, itu tadi informasi asal-usul dari pancake dan hotteok yang dapat disampaikan oleh Tim FOODNET. Tentunya informasi ini dapat menambah pengetahuan Foodies tentang kedua makanan tersebut ya. Tunggu informasi-informasi berikutnya dari Tim FOODNET ya, Foodies!


Daftar Pustaka

Arr, G. 2018. Pencinta Kuliner Wajib Tahu, Ini 8 Daftar Perayaan Hari Kuliner Sedunia. https://www.idntimes.com/food/dining-guide/gendhis-1/daftar-perayaan-hari-kuliner-sedunia-c1c2/1 (11 Januari 2021).



Effendy, A. 2020. Hotteok (호떡) - Korean Sweet Pancake#JagoMasakMinggu4Periode2. https://www.yummy.co.id/blog/resep-komunitas/hotteok-hoddeog-korean-sweet-pancake (30 Desember 2020).


Indriani. 2008. Seri Quick Cooking Pancake Klasik dan Modern. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


Jane, K. 2020. How Sweet Hotteok.


Lemm, E. 2020. All About Pancake Day in UK.


Raffa, E. 2020. Fluffy Sourdough Pancakes.


Setya, D. 2018. Sejak Abad 14 Pancake Sudah Disukai Banyak Orang.

137 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page