top of page

Ada Pancake Apa Aja Sih di Dunia?

Kata ‘pancake’ pasti sudah tidak asing lagi di telinga Foodies. Ya, pancake atau panekuk merupakan kue dadar yang terbuat dari terigu, telur ayam, gula, dan susu. Pada umumnya, pancake disajikan dengan tambahan buah-buahan, madu, atau irisan daging. Ternyata, varian pancake di setiap negara berbeda-beda, lho! Kira-kira Foodies sudah tahu belum, nih? Yuk kita lihat beberapa jenis pancake tersebut!

1. Dutch Baby Pancake

Gambar 1. Dutch baby pancake

Sumber: Alicia (2019)


Dutch baby pancake atau sering disebut German pancake merupakan jenis pancake yang berasal dari Jerman. Dutch baby pancake terlihat mirip dengan Yorkshire pudding. Berbeda dengan pancake pada umumnya, Dutch baby pancake dimasak tidak menggunakan kompor melainkan dipanggang menggunakan oven. Pancake asal Jerman ini tidak mengandung bahan ragi kimiawi seperti baking powder.Dutch baby pancake memiliki ukuran lebih tebal daripada pancake pada umumnya dan teksturnya yang lembut menjadi daya tarik dari pancake ini. Dutch baby pancake biasanya disajikan dengan perasan lemon, butter, gula bubuk, potongan buah, atau bacon. Gimana? Pasti Foodies sudah penasaran tentang rasanya, kan?


2. Farinata


Gambar 2. Farinata

Sumber: Chriesi (2011)


Farinata merupakan pancake yang berasal dari Genoa, Italia. Farinata merupakan pancake tipis yang tidak mengandung ragi atau crêpe yang terbuat dari tepung kacang arab. Farinata dimasak dengan cara dipanggang di atas piring tembaga kaleng dengan diameter lebih dari satu meter. Farinata memiliki rasa yang renyah di luar dan creamy di dalam. Wah, jadi pengen nyobakan? Biasanya, farinata dipotong menjadi irisan berbentuk segitiga yang tidak beraturan dan disajikan di atas piring kecil dengan tambahan rosemary dan lada hitam.


3. Fluffy Pancake


Gambar 3. Fluffy pancake

Sumber: Nami (2018)


Sesuai dengan namanya, pancake ala Negeri Sakura ini memiliki tekstur yang lembut. Tekstur lembut ini diperoleh karena penggunaan bahan buttermilk dan kocokan putih telur dalam pembuatannya. Fluffy pancake memiliki banyak rongga sehingga ketika piring digerakkan, fluffy pancake ikut bergerak. Dalam penyajiannya, fluffy pancake ditemani dengan buah beri, madu, dan gula bubuk. Wah, gak kebayang kan selembut apa fluffy pancake ini?


4. Hotteok

Gambar 4. Hotteok

Sumber: Amy (2018)


Hotteok merupakan salah satu jajanan asal Korea Selatan. Hotteok dimasak dengan cara digoreng menggunakan minyak yang cukup banyak. Hotteok lebih nikmat jika dimakan sewaktu masih hangat sehingga dikenal sebagai kudapan musim dingin. Hotteok memiliki adonan yang cukup liat sehingga mudah untuk memberi isian pasta manis yang dibuat dari campuran gula cokelat, madu, gilingan kacang tanah, dan aroma kayu manis.


5. Blini

Gambar 5. Blini

Sumber: Marina (2020)


Blini merupakan salah satu makanan tradisional dan makanan yang paling populer di Rusia. Blini terbuat dari campuran tepung gandum, ragi, dan susu. Bentuk dari blini seperti crêpe asal Perancis yaitu bulat dan tipis. Blini biasanya disajikan dengan kaviar merah atau hitam di atasnya. Seiring berjalannya waktu, isian dan topping menjadi semakin beragam seperti selai buah beri, kismis, ikan asap, daging, dan masih banyak lagi. Meskipun tipis, blini memiliki tekstur yang empuk.

Penduduk Slavia Timur menganggap blini sebagai simbol matahari karena bentuknya yang bulat. Pada akhir musim dingin, masyarakat menyiapkan blini sebagai tanda untuk menghormati atau menyambut kedatangan matahari. Tradisi tersebut dikenal dengan istilah “butter week” atau “pancake week”. Sedangkan Drochena, salah satu jenis blini, biasanya disajikan untuk mengenang saudara yang baru saja meninggal.


6. Pajeon

Gambar 6. Pajeon

Sumber: Hyosun (2020)


Pajeon adalah jenis dadaran dari tepung terigu dan tepung beras dengan daun bawang sebagai bahan utamanya. Makanan ini merupakan hidangan khas Korea yang terbuat dari campuran telur, tepung terigu, tepung beras, daun bawang, dan bahan-bahan lainnya seperti seafood, daging sapi, daging babi, atau kimchi. Uniknya, daun bawang masih terlihat jelas meskipun sudah dicampur dengan tepung terigu dan tepung beras. Tekstur pajeon sendiri kurang padat karena penggunaan tepung yang tidak terlalu banyak.


7. Potato Pancake

Gambar 7. Potato Pancake

Sumber: Prakash (2020)


Potato pancake adalah pancake yang terbuat dari kentang, tepung, dan telur yang sering kali diberi tambahan bawang putih atau bawang bombay serta bumbu lainnya. Bagian atas potato pancake dihiasi dengan berbagai bahan penyedap seperti sour cream, cottage cheese, saus apel, atau gula. Wah, kebayangbanget kan rasanya seperti apa? Potato pancake merupakan salah satu jenis pancake yang berasal dan berkembang di Eropa dan Timur Tengah seperti Austria, Belarusia, Bulgaria, Ceko, Jerman, Hongaria, Iran, Yahudi, Latvia, Lithuania, Luxembourg, Polandia, Rusia, Slovak, dan Ukraina.


8. Ebelskivers

Ebelskivers

Sumber: Amy (2018)


Ebleskivers merupakan jenis pancake yang berbentuk bulat. Ebleskivers terdiri dari tepung terigu, buttermilk, susu atau krim, telur, gula, baking powder atau ragi, sedikit garam, mentega, kapulaga, dan kulit lemon. Adonan tersebut dipanggang di atas kompor dengan menggunakan wajan khusus untuk memberi bentuk bulat. Di dalam adonan ebleskivers dapat diberi tambahan isi seperti selai strawberry, cokelat, dan lainnya. Ebleskivers biasanya disajikan dengan maple syrup dan whipped cream.


Wah.. ternyata ada banyak jenis pancake di dunia, ya! Artikel kali ini sukses bikin Foodies ngiler gak nih? Kira-kira Foodies mau coba yang mana? Nantikan juga artikel-artikel selanjutnya, ya!


Daftar Pustaka


Albala, K. 2013. Pancake: A Global History. London: Reaktion Books.


Alicia. 2019. Dutch Baby Puff Pancake. https://www.thebakerupstairs.com/2019/12/dutch-baby-puff-pancake.html (22 Januari 2021)


Amy. 2018. Hotteok Korean Sweet Pancakes. https://houseofnasheats.com/hotteok-korean-sweet-pancakes/ (22 Januari 2021)


Athenaeus, O and S. Douglas. 2011. The Learned Banqueters, Volume VII. London: Loeb Classical Library.


Chriesi. 2011. Farinata. http://almondcorner.blogspot.com/2011/03/farinata.html (22 Januari 2021)


Hyosun. 2020. Haemul Pajeon. https://www.koreanbapsang.com/haemul-pajeon/ (22 Januari 2021)



Lawrence, A and J. F. Burks. 2016. Sweet or Savory Ebelskivers. https://theinspiredhome.com/articles/sweet-or-savory-ebelskivers (22 Januari 2021)


Marina. 2020. Russian Blini Recipe. https://letthebakingbegin.com/russian-yeast-blini/ (22 Januari 2021)


Marks, G. 2010. Encyclopedia of Jewish Food. New Jersey: Wiley.


Nami. 2018. Fluffy Japanese Souffle Pancakes. https://www.justonecookbook.com/souffle-pancake/ (22 Januari 2021)


Prakash, S. 2020. Potato Pancakes. https://www.thekitchn.com/potato-pancakes-22956020 (22 Januari 2021)


Siegelman, S., B. Kroening and S. Conley. 2003. The Pancake Handbook: Specialties from Bette's Oceanview. California: Ten Speed Press.

139 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page