top of page

Workshop Mendeley Reference Manager 2021

Updated: Dec 27, 2021


Gambar 1. Pelaksanakan Workshop via Zoom

Program studi Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya melaksanakan Workshop dengan topik “Mendeley Reference Manager”. Workshop ini dilaksanakan pada hari Rabu, 24 November 2021, secara online via Zoom meeting. Workshop mengundang pembicara Vincentius Widya Iswara, SS., MA. selaku kepala perpustakaan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Workshop ini terbuka bagi seluruh mahasiswa dan dosen UKWMS. Dilaksanakannya workshop ini dengan tujuan agar lebih paham tentang penulisan yang baik dan benar dalam penulisan laporan/karya ilmiah maupun skripsi, khususnya dalam penulisan sitasi dan daftar pustaka. Pak Vincent juga menyampaikan bahwa dalam penulisan laporan harus diperhatikan dalam penulisan sitasi dan daftar pustaka untuk menghindari adanya plagiarisme. Dalam penulisan laporan, tindakan plagiarisme sangat dilarang karena bertentangan dengan peraturan yang berlaku. Tindakan plagiarisme memiliki 2 jenis, yaitu secara tidak sengaja dan secara sengaja. Tindakan plagiarisme secara tidak sengaja dapat terjadi dikarenakan seperti lupa menuliskan refrensi dengan lengkap dan jelas, sedangkan pada tindakam plagiarisme secara sengaja dapat terjadi dikarenakan seperti sengaja tidak menuliskan refrensi dengan lengkap dan jelas.

Gambar 2. Penyampaian materi tentang plagiarisme

Pada workshop, Pak Vincent mengajarkan bagaimana mendaftar dan menggunakan aplikasi Mendeley untuk penulisan refrensi yang baik dan benar. Mengapa menggunakan aplikasi Mendeley sebagai penulisan refrensi? Karena aplikasi Mendeley bisa untuk digunakan pada setiap platform seperti Windows, Mac, dan Linux, cocok digunakan oleh mahasiswa dalam penulisan laporan, serta gratis untuk digunakan. Mendeley memiliki 2 jenis yaitu Mendeley Reference Manager dan Mendeley Desktop. Mendeley Reference Manager merupakan media yang digunakan dalam website dan membutuhkan jaringan internet untuk menggunakannya, sedangkan Mendeley Dekstop merupakan media yang sudah ada dalam perangkat seperti laptop dan tidak perlu membutuhkan jaringan internet. Dalam workshop terdapat peserta dari mahasiswa angkatan 2020 dari mata kuliah aplikasi komputer yang diberikan tugas untuk membuat refrensi dari 4 jurnal praktikum. Workshop dikemas dengan terus diadakan sesi tanya jawab atau saling sharing agar para peserta dapat lebih paham dan dapat mengikuti workshop dengan baik.


Gambar 3. Penyampaian petunjuk cara penggunaan Mendeley

Demikian acara Workshop Mendeley Reference Manager, semoga dari workshop ini diharapkan seluruh mahasiswa dapat lebih paham dalam penulisan refrensi yang benar dan menghindari plagiarisme untuk penulisan laporan. (CF)

22 views0 comments
bottom of page