top of page

Membangun Strategi Menjadi Pejuang dan bukan Penakut Pada Kegiatan Kaderisasi Eksternal 2024


Jumat-Minggu, 5-7 April 2024 - Calon anggota Organisasi Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian, Program Studi Teknologi Pangan (Ormawa FTP) diwajibkan mengikuti kegiatan kaderisasi eksternal sebelum benar-benar terjun ke dalam lingkungan organisasi generasi baru. Salah satu tujuan utama dari mengikuti kegiatan ini adalah untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan komunikasi yang baik sebagai kunci berorganisasi. Melalui berbagai kegiatan pada kaderisasi eksternal, seperti presentasi, forum group discussion (FGD), dan diskusi kelompok, anggota organisasi mahasiswa dapat mengasah kemampuan komunikasi verbal dan non-verbal mereka. Selain itu, para calon anggota ormawa juga dihadapkan tantangan untuk menjadi lebih mandiri dan kreatif dalam mencari solusi melalui kegiatan rally games, jelajah malam, serta penampilan mahasiswa.


Kegiatan kaderisasi eksternal ini diharapkan dapat memotivasi mahasiswa untuk berani meninggalkan keraguan dalam berorganisasi dan siap untuk menjadi calon pengurus Ormawa FTP. Oleh karena itu, kegiatan kaderisasi eksternal ini mengangkat tema “Be A Warrior, Not A Worrier”. Penting bagi para calon anggota ormawa untuk melatih mentalitas yang memungkinkan mereka untuk menghadapi semua situasi dengan keyakinan dan keberanian. 


Kegiatan kaderisasi eksternal 2024 diadakan diluar kota, yakni di Sasana Krida Jatijejer, Trawas, Mojokerto, Jawa Timur (SKJJ). Hari pertama dilaksanakan pada Tanggal 5 April 2024 di Lobby Kaca Lt. 4. Baru pada hari kedua dan ketiganya, yakni Pada Hari Sabtu-Minggu, 6-7 April 2024 dilaksanakan di SKJJ. Hari pertama dibuka dengan pembukaan oleh MC dan video opening yang menarik perhatian mengenai gambaran ormawa FTP. Disambung dengan sambutan spesial oleh ketua pelaksana, yaitu Laurentius Marvin (6103022009) dari angkatan 2022. Tidak lupa peraturan umum terkait kegiatan selama 3 hari ini ditegaskan guna menjadi pedoman bagi peserta mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir. Setelah itu, sesi presentasi ormawa dibawakan oleh ketiga ketua ormawa yang menjabat pada periode ini, yakni Gloria Michelline (Ketua Ormawa BPMF-TP), Marchell Yohathan (Ketua Ormawa BEMF-TP), dan Clara Kusuma (Ketua Ormawa LPMF-TP). Pada sesi ini, dipaparkan susunan program kerja serta sharing mengenai suka & duka selama menjadi ketua ormawa. Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dimana ada salah satu jawaban dari peserta kaderisasi bahwa motivasi ia mengikuti ormawa adalah untuk mengembangkan diri lebih baik lagi dan melatih soft skill.



Terdapat juga 2 sesi FGD yang difasilitasi oleh masing-masing perwakilan panitia dalam kelompok peserta yang sudah dibagi sejak awal. Tentunya kasus yang dibahas adalah seputar permasalahan-permasalahan ormawa dimana mereka harus mendiskusikan solusi yang dapat diambil untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Selain itu, para peserta juga diberikan tugas simulasi secara berkelompok untuk membuat perencanaan program kerja yang idenya dituangkan dalam kertas ukuran A0. Mereka juga diberikan waktu selama kegiatan kaderisasi eksternal ini berlangsung untuk menyelesaikannya dan hasilnya dipresentasikan pada hari terakhir. Ada satu sesi yang cukup menarik siang hari itu, yakni sesi sharing bersama Bapak Victor Christian selaku dosen pendamping ormawa, karena kedua MC (Michael & Kevin) berhasil memecahkan suasana saat berbincang-bincang dengan Bapak Victor sehingga suasana menjadi ringan dan cukup menghibur walaupun topik yang dibahas cukup mendalam. Setelah dilanjutkan dengan sesi evaluasi dan pengarahan untuk hari ke-2 dan 3, akhirnya telah sampailah kegiatan ini pada penghujung acara hari pertama. Kegiatan hari pertama ditutup dengan doa penutup dan closing meriah oleh MC.



Hari kedua kaderisasi eksternal dimulai pagi-pagi sekali, yakni pukul 7 Pagi. Baik panitia dan peserta sama-sama berangkat menuju SKJJ dengan menggunakan kendaraan garnisun. Kegiatan dibuka dengan sambutan meriah oleh MC yang menyambut para peserta untuk dapat belajar dan bersenang-senang bersama selama 2 hari kedepan. Kegiatan hari itu tidak langsung diawali dengan kegiatan yang berat, melainkan mereka diberikan waktu untuk latihan pentas seni yang akan ditampilkan malam nanti dan bersantai sejenak setelah menempuh 2 jam perjalanan. Setelah itu, peserta diajak untuk bermain game singkat yang cukup menyenangkan yaitu game battle arah. Setelah makan siang, mereka dihadapkan dengan challenge pertama hari itu yaitu rally games



Terdapat 7 pos pada rally games ini, antara lain games estafet air, estafet handuk, volley bola air, tangkap sapu, balloon race, Tic-Tac-Toe Pusing (T3P), dan estafet balon. Kemudian, mereka diberikan waktu selama 1 jam untuk mandi dan beristirahat terlebih dahulu setelah menjalani rally games yang cukup melelahkan. Sore hari pun tiba dan mereka harus melanjutkan pengerjaan tugas perencanaan program kerja yang diberikan pada hari pertama kemarin secara berkelompok. Setelah makan malam, kegiatan dilanjutkan dengan sesi api unggun yang dapat meningkatkan kebersamaan antara panitia dan peserta. Bukan hanya itu, pada sesi ini juga ditampilkan pentas seni dari setiap kelompok peserta. Ada penampilan puisi bersahutan, stand up comedy, drama, serta nyanyian. Mereka juga disajikan jagung bakar dan makanan ringan selepas penampilan malam itu. Setelah kurang lebih 2 jam, kegiatan hari ke-2 ditutup dengan adanya evaluasi dari panitia.



Tidak ada satupun peserta yang sadar bahwa mereka akan kembali dibangunkan pada pukul 11 Malam untuk melakukan sesi jelajah malam. Setiap peserta dibangunkan satu persatu untuk diberikan misi menyusuri area SKJJ di kegelapan malam dengan hanya berbekal obor kecil di sepanjang jalan. Terdapat 4 pos yang harus mereka hampiri di tengah-tengah perjalanan untuk mengerjakan soal dan diakhiri dengan pos pemaknaan dimana mereka diberikan petuah akan tujuan dari misi dan soal-soal yang diberikan tersebut. Setelah melewati pos pemaknaan, mereka diperbolehkan untuk kembali beristirahat hingga matahari terbit pada Hari ketiga kaderisasi eksternal.


Hari ketiga kaderisasi eksternal diawali dengan senam pagi pada pukul 05.30 yang dipimpin oleh beberapa panitia dan peserta yang bersedia menjadi instruktur senam. Setelah itu, mereka diberikan waktu untuk mandi dan bersiap. Sekitar satu jam kemudian, mereka dikumpulkan kembali untuk memulai kegiatan pada hari itu dengan pembukaan MC dan sarapan bersama. Kemudian, sebelum mempresentasikan program kerja oleh setiap tim, mereka juga diberikan waktu untuk latihan terlebih dahulu. Sesi presentasi program kerja juga diselingi dengan tanya jawab bersama ketiga ketua ormawa, peserta lainnya, dan juga dengan panitia. 




Setelah melaksanakan presentasi yang cukup menguras pikiran, mereka kembali disegarkan dengan ice breaking yang telah disiapkan panitia dan cukup menyenangkan. Setelah selesai packing dan makan siang bersama, terdapat sesi awarding dan penjuaraan bagi para peserta. Nominasi yang diberikan pada sesi awarding ini, antara lain best rally, best yel-yel, best perfomance, dan best assignment. Tiga dari nominasi tersebut dimenangkan oleh tim Roblox. Kemudian, sesi dilanjutkan dengan pemberian kesan pesan oleh 2 peserta, yakni Phoebe Priscilla dan Arnoldus Bernard. Mereka mengatakan bahwa kegiatan kaderisasi eksternal ini sangat bermanfaat bagi mereka untuk mengasah keterampilan dan pengalaman sebagai bekal sebelum menjadi anggota ormawa. Setelah sesi sharing, kegiatan kaderisasi eksternal ini diakhiri dengan dokumentasi bersama dan ditutup dengan penutupan oleh MC. Para peserta dan panitia bersama-sama pulang kembali ke Surabaya dengan menggunakan garnisun seperti saat keberangkatan kemarin dan meninggalkan SKJJ dengan hati yang siap dan lapang menempuh tantangan baru di kehidupan nyata sebagai anggota ormawa.




Melalui kegiatan kaderisasi eksternal, calon anggota Ormawa FTP ditempa untuk bekerja sama dalam tim, saling mendukung, dan membangun hubungan yang kuat dengan sesama anggota. Mereka belajar bahwa kekuatan sejati terletak dalam solidaritas dan kolaborasi, bukan dalam kesendirian. Mereka tidak hanya akan menjadi lebih siap secara mental dan emosional, tetapi juga akan siap menghadapi tantangan dunia nyata sebagai seorang pemimpin yang tangguh dan penuh semangat. 


Ingin tahu kegiatan-kegiatan lainnya yang diadakan di FTP? Yuk ikuti terus update-update selanjutnya! See you on the next event!


-JVO


Tags:

43 views0 comments

Comments


bottom of page